COST BENEFIT ANALYSIS (CBA) DALAM PENAMBAHAN FASILITAS PEMBONGKARAN TONGKANG BATUBARA MELALUI PONTON TERHADAP PENINGKATAN SAFETY STOCK

Habibullah Habibullah, Uli Wildan Nuryanto, Basrowi Basrowi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui operasional pembongkaran tongkang batubara PLTU Lontar, untuk mengetahui kelayakan operasional pembongkaran tongkang menggunakan Ponton dengan Trucking, untuk mengetahui manfaat penambahan fasilitas pembongkaran tongkang batubara melalui ponton, untuk mengetahui kelayakan finansial operasional penambahan fasilitas pembongkaran tongkang batubara. Berdasarkan kajian kelayakan operasional dan kelayakan finansial di hasilkan dari metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Jika memasuki cuaca ekstrim flowrate pembongkaran batubara hanya mencapai 400 MT/ Jam. Hal ini yang menyebabkan penurunan Safety stock batubara PLTU Lontar. Penambahan operasional penambahan fasilitas pembongkaran tongkang batubara melalui ponton atau trucking tidak terlepas dari timbulnya biaya tambahan. Untuk mengetahui kelayakan penambahan fasilitas pembongakran batubara melalui ponton digunakan Analisa manfaat biaya atau Cost Benefit Analysis (CBA). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembongkaran dengan fasilitas eksisting tidak mampu untuk meningkatkan safety stock atau HOP pada range aman yaitu 15-22 HOP, pemakaian fasilitas pembongkaran tongkang batubara melalui ponton layak digunakan karena bisa beroperasi pada saat cuaca ekstrim, potensi losses jika tidak menajalankan program sebesar Rp. 27.054.024.19, berdasarkan Kajian Kelayakan Finansial (KKF) yang sudah dilakukan dengan nilai CBA sebesar 5,93 kali, maka penambahan fasilitas pembongkaran tongkang batubara melalui ponton untuk meningkatkan safety stock/ HOP layak digunakan.


Keywords


Safety stock, Kelayakan Operasional, Cost Benefit Analysis (CBA)

Full Text:

PDF

References


Elisha, L. C. 2020. Cost Benefit Analysis (CBA) Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Semarang-Solo. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/40921/1/tesis%20full.pdf

Fanani, Z. A. 2021. Benefit Cost Analysis Dalam Pembangunan Rusun Penjaringan Dengan Metode NPV, IRR, PP BCR menggunakan Software Invesment Evaluations. Scientific Journal of Industrial Engineering. Vol 2 (2). 1-8.

Kementerian ESDM. (2020). Menteri Arifin: Transisi Energi Mutlak Diperlukan. www.Esdm.Go.Id. https://ebtke.esdm.go.id/post/2020/10/22/2667/menteri.arifin.transisi.energi.mutlak.diperlukan?lang=en

Kementerian ESDM. (2021a). Cadangan Batubara Masih 38,84 Miliar Ton, Teknologi Bersih Pengelolaannya Terus Didorong. Www.Esdm.Go.Id.

Kementerian ESDM. (2021b). Menteri ESDM: Cadangan Minyak Indonesia Tersedia untuk 9,5 Tahun dan Cadangan Gas 19,9 Tahun. Www.Esdm.Go.Id.

Kinanthi, R. A., Sholiq, Astuti, H. M. 2017. Analisis Kelayakan Investasi Sistem Informasi Pendistribusian Produk Menggunakan Metode Cost Benefit Analysis Pada PT. Guna Atmaja Jaya. Jurnal Teknik ITS. Vol 6 (2). 338-340.

Marshall, A. Principles of Economics, 8th ed. London: Macmillion and Co., Ltd

Orion, 1997, Pharmaeconomics Primer and Guide Introduction to Economic Evaluation, Hoesch Marion Rousell Incorporation, Virginia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2147-2158

Article Metrics

Abstract view : 1706 times
PDF - 778 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.