MENGANALISIS SERIKAT PEKERJA (TRADE UNION AND EMPLOYER ASSOCIATION) PADA INDUSTRI MANUFAKTUR

Richard Ng Ming Hao, Widi Waisaka, Stella Theo, Angel Angel, Alden Nelson

Abstract


PT. Pos Indonesia (Persero) ialah perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa pengiriman surat ataupun barang yang mempunyai kantor pusat di Kota Bandung dan mempunyai 11 kantor regional yang terletak di seluruh wilayah Indonesia. Permasalahan banyak yang terjadi pada pekerja yang bekerja di PT. Pos Indonesia (Persero) diantaranya melaksanakan pemutusan hubungan kerja, melakukan pemberhentian sementara, menurunkan jabatan atau melakukan mutasi, tidak mengupah atau mengurangi upah pekerja dan melakukan intimidasi sehingga hal ini membentuk para pekerja untuk membentuk serikat pekerja untuk mendapatkan keadilan mengenai hak yang dimiliki oleh para tenaga kerja. Permasalahan yang paling dasar yang terjadi pada pekerja PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Kota Bukittinggi adalah adanya perselisihan kepentingan. Untuk mengupaya pekerja dalam meredakan perselisihan yang terjadi di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Bukittinggi maka dibentuk serikat pekerja dicabang Kota Bukittinggi yang berpusat di Bandung dan bersifat independen, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab serta tidak berafiliasi pada partai politik maupun organisasi kemasyarakatan.


Keywords


Ketenagakerjaan, Serikat Pekerja, Organisasi

Full Text:

PDF

References


Zulkarnaen, A. H. (2018). Masalah Rawan Dalam Hubungan Industrial Dan Konsep Negara Kesejahteraan Indonesia. Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 2(2), 806. https://doi.org/10.35194/jhmj.v2i2.32

Maulana, W., Alfian, N., & Fajar, A. (2018). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan Pt . Pos Indonesia ( Persero ) Cabang Pamekasan. Jurnal Pemikiran & Penelitian Ekonomi, 1(6), 66–78.

https://journal.uim.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/276/294

Utami, K. T. (2013). Peran Serikat Pekerja dalam Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja. Jurnal Wawasan Hukum, 28(1), 675–686. http://ejournal.sthb.ac.id/index.php/jwy/article/view/63/45

Dong, Z. (2012). No TitleФормирование парадигмальной теории региональной экономики. Экономика Региона, Kolisch 1996, 49–56.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1964-1968

Article Metrics

Abstract view : 439 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.