Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Pada Guru Wali Kelas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester melalui workshop di SD Negri 200117 Sadabuan Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan melalui workshop menyusun tes dengan jumlah guru 25 orang guru yang diikutkan dalam workshop yang mengajar sebagai guru kelas IV, V, dan VI di SD Negri 200117 Sadabuan Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini melakukan penilaian satu kali siklus. Tes sudah selesai dianalisis dan dinilai berdasarkan 2 parameter yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui aktivitas guru dalam bekerja maka peneliti melengkapi dengan panduan observasi yang meliputi : 1) Silabus, 2) RPP, 3) Buku pengangan, 4) format kisi – kisi tes , 5) Kesiapan mental yang masing – masing diberikan skor 1–4. Melalui workshop pula dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes profesional, hal ini terlihat pada kegiatan siklius pertama rata rata nilai 70,67. Tes dikatakan layak apabila minimal 65% kriteria bisa terpenuhi. Dengan demikian pada siklus pertama 100% guru sudah mampu menyusun tes hasil belajar akhir semester genap. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui workshop maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan guru kelas IV, V, dan VI di SD Negri 200117 Sadabuan Padangsidimpuan dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester dapat meningkat.
Kata kunci: Tes hasil belajar, Workshop
Full Text:
PDFReferences
Aderusliana. 2009. Penilaian Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ahmad Rohani.1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Alben Ambarita. 2006. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Arif Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Azhar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada
Basuki Wibaya. 1991. Media Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Dadan Djuanda, 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta : Depertemen Pendidikan Nasional.
Djago Tarigan. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Bumi Aksara.
Farida Rahim. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hamzah Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendri Guntur Tarigan.1998. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Keraf Gorys. 1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia
Maidar Arsyad. 1991. Pembinaan Kemampuan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Martinis Yamin dan Bansu Ashari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Jakarta Putra Grafika
Muhibbin Syah. 2007. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mukhaiyar. 1999. Perkembangan Pikiran dan Pengajaran Bahasa. Padang: UNP.
Nana Sudjana. 1997. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Bandung.
Ngalim Purwanto. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 1993. Metodik Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Ganesha
Ratu Badriyah, dkk 2005. Materi dan Pembelajaran Bahas Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ritawati M dan Yetti A. 2008. Hand Out Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang: FIP-UNP
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineko Cipta.
Subana. 1974. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sarimaya, Farida, 2008, Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?, Bandung: Penerbit Yrama Widya
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT Rosda Karya, 2007), hal. 26
Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i3.2019.473-480
Article Metrics
Abstract view : 833 timesPDF - 512 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.