KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS ZIA SALSABILA
Abstract
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter pada siswa. Pembentukan karakter tidak hanya di rumah saja, melainkan di sekolah karena siswa akan diajarkan mengenai sikap dan prilaku. Secara sederhana karakter dapat diartikan sebagai prilaku nilai-nilai manusia yang berhubungan dengan Tuhan, manusia dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru profesional dalam pembentukan karakter siswa di MTS Zia Salsabila. Dalam penelitian ini data-data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data yang berupa reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yaitu: 1. Guru yang mempunyai kompetensi yang profesional dapat dilihat bagaimana seorang guru tersebut dapat menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai guru. 2. Guru sebagai cerminan dari pembentukan karakter siswa, siswa akan meniru karakter guru, jadi apabila guru mempunyai karakter yang profesional maka siswa juga akan berkarakter profesional. 3. Tantangan dalam membentuk karakter siswa yaitu konsisten dan juga kesabaran dikarenakan karakter itu bukan dibentuk dalam 1 hari atau 2 hari akan tetapi dibentuk dalam kebiasaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiman Faiz, B. S. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu.
Bhughe, K. I. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kewarganegaraan.
Devy Nur Pika Putri, M. B. (2022). PERAN KINERJA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJA SAMA PADA SISWA KELAS IV. Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya.
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.
Djamarah, S. B. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
KURNIAWAN, D. (2017). PENGARUH PROFESIONALISME GURU AGAMA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM . JURNAL IDAARAH.
Lickona, T. (1991). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Muslich, M. (2010). Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional. PT. Bumi Aksara.
Rochman, C., & Gunawan, H. (2012). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru; Menjadi Guru yang Dicintai dan Diteladani oleh Siswa. Bandung: Nuansa Cendekia.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.
Sennen, E. (2017). Pengembangan Mutu Diri Guru. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(1), 101-114.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.2013-2018
Article Metrics
Abstract view : 836 timesPDF - 332 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.