ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENDORONG PRAKTIK MODERASI BERAGAMA DI MASYARAKAT INDONESIA
Abstract
Kebijakan pemerintah dalam mendorong praktik moderat beragama di masyarakat Indonesia memiliki dampak penting bagi keberlangsungan kehidupan beragama di Indonesia. Namun, pelaksanaan kebijakan tersebut menghadapi berbagai tantangan, seperti perbedaan pandangan dan pemahaman agama, keterbatasan sumber daya, dan resistensi kelompok tertentu. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pemerintah dapat meningkatkan dialog antar kelompok agama, melibatkan masyarakat dalam pembuatan kebijakan, mengalokasikan sumber daya yang cukup, dan meningkatkan akses pendidikan agama moderat. Peran aktif masyarakat juga sangat penting dalam mendorong praktik moderat beragama di lingkungan mereka sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, T. (2018). Moderation and Countering Extremism: A View from Indonesia. Counter Terrorist Trends and Analyses, 10(10), 29-34.
Basri, A. S. (2019). Kebijakan Pemerintah dalam Menangkal Radikalisme di Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(1), 1-20.
Hefner, R. W. (2018). The Politics of Religious Moderation in Indonesia. Journal of Islamic Studies, 29(suppl_1), S33-S50.
Kholis, N., & Hosen, N. (2019). Kebijakan Pemerintah dalam Menanggulangi Terorisme Berbasis Agama: Perspektif Hukum dan Sosiologi. Jurnal Konstitusi, 16(1), 1-27.
Nasution, A. H. (2018). Potret Tantangan dan Prospek Pluralisme Beragama di Indonesia Pasca Reformasi. Jurnal Theologia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, 17(2), 163-184.
Nugroho, R. P., & Agus, H. (2020). Implementasi Program Pencegahan Radikalisme Berbasis Islam di Indonesia. Jurnal Politik dan Kebijakan Publik, 17(2), 193-202.
Sembiring, E. R., & Asnawi, R. (2018). Dilema Kebijakan Nasional dalam Merespon Gerakan Intoleransi Berbasis Agama. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 22(1), 63-78.
Setiyono, B. (2019). Pendidikan Agama di Sekolah dan Kebijakan Pemerintah dalam Menangkal Radikalisme Agama di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23(1), 107-120.
Wahid, A. (2018). Radikalisme dan Terorisme: Dampak, Tantangan, dan Solusi. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 34(1), 241-255.
Yusuf, I. (2019). Modul Pendidikan Agama Berbasis Moderat untuk Membangun Karakter Santri di Pesantren. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 3(1), 1-17.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i3.2023.1430-1438
Article Metrics
Abstract view : 1297 timesPDF - 717 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.