PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN WANITA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GOMBONG

Wilson Candra Teguh Pratama, Tiyan Fatkhurrokhman, Wisanggeni Bagus

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konflik peran ganda dan stres kerja terhadap kinerja karyawan wanita di Universitas Muhammadiyah Gombong. Dalam pengumpulan data digunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner dengan metode purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan Universitas Muhammadiyah Gombong yaitu sebanyak 120 karyawan. Kriteria sampel yang digunakan yaitu hanya karyawan wanita yang sudah menikah yang bisa dijadikan sampel, totalnya adalah sebanyak 58 karyawan. Analisis regresi linier berganda merupakan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa konflik peran ganda berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dan stres kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan wanita di Universitas Muhammadiyah Gombong.


Keywords


Konflik Peran ganda, Stres Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Akbar, D. A. 2017. Konflik peran ganda karyawan wanita dan stres kerja. An Nisa’a, 12(1), 33-48.

Bonerri, K. B. 2018. Pengaruh Pendidikan Dan Upah Terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 18(01).

Burhanuddin, T. D., Sjahruddin, H., & Mus, A. M. 2018. Pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja melalui stres kerja.

Greenhaus, J. H., & Beutell, N. J. 1985. Sources of conflict between work and family roles. Academy of management review, 10(1), 76-88.

Mangkunegara, Anwar, Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muspawi, M. 2014. Manajemen konflik (upaya penyelesaian konflik dalam organisasi) (Vol. 16). Jambi University.

Poerwati, R. T., & Oktaviani, R. M. 2017. Kepuasan Kerja sebagai Pemediasi Hubungan Konflik Peran dan Komitmen Profesi terhadap Kinerja Karyawan.Proceeding SEND

Purnamasari, P., & Pirmansyah, Y. 2019. Pengaruh Konflik terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi pada PT. YKT Gear Indonesia. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(1), 29-37.

Rahmayati, T. E. 2020. Konflik Peran Ganda Pada Wanita Karier: Konflik Peran Ganda Pada Wanita Karier. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 152-165.

Rivai, V. & Sagala, E. J. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Peursahaan dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo, Jakarta

Rompasˡ, G. A. C., Tewal, B., & Dotulong, L. O. 2018. Pengaruh gaya kepemimpinan, pengawasan, dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Sari, I. K., Farha, T. R., & Sanjaya, V. F. 2021. Pengaruh Konflik Peran Ganda Terhadap Kinerja Karyawan Wanita dengan Stress Kerja Sebagai Mediasi. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 13(1), 51-59.

Suhariah, S. 2020. Peran Ganda Wanita Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Studi Kasus (Kelompok Wanita Tani Bina Sejahtera) Pekon Sukoyoso, Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun 2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Pringsewu).

Tjokro, C. I., & Asthenu, J. R. 2017. Pengaruh Konflik Peran Ganda dan Stress Kerja terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Umum Dr. M. Haulussy Ambon. Arthavidya Jurnal Ekonomi, 17(1), 97-112.

Wahab, A., Yasrie, A., & Anwar, M. (2019). Pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja melalui stress kerja sebagai moderator pada pegawai wanita. Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 250-266




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i2.2023.%25p

Article Metrics

Abstract view : 1709 times
PDF - 763 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.