Pembinaan Pustaka Kampung Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak

Sylvina Rusadi, Dita Fisdian Adni, Eko Handrian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan pustaka kampung melalui program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial oleh dinas perpustakaan kabupaten Siak. Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perubahan fungsi dari perpustakaan yang tidak hanya terbatas sebagai sarana membaca namun sudah beralih menjadi sarana pengetahuan, teknologi informasi dan pengembangan keterampilan masyarakat. Pustaka kampung merupakan salah satu saranatransformasi yang berada pada lingkungan kampung. Namun masih banyak ditemukan fenomena dalam pelaksanaannya yakni kurangnya sarana prasarana pustaka, anggaran serta belum dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dan dari hasil penelitian diketahui bahwa pustaka kampung Benayah kecamatan Pusako masih memiliki keterbatasan sarana prasarana, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia disebabkan oleh masih sedikitnya anggaran yang diperoleh pustaka kampung melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Sehingga perlunya pembinaan lebih lanjut dari dinas perpustakaan kabupaten Siak agar program transormasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat kampung.

 


Full Text:

PDF

References


AK, W. W., & ZA, T. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Gemasih, F., Nasir, M., & Safri, T. M. (2022). Pembinaan Dan Pemberdayaan Perpustakaan Desa Oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Bener Meriah DAN. PROCEEDINGS ICIS 2021, 1(1).

Haryanti, W. T. (2019). Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(2).

Himayah, H. (2013). Information Poverty: Kemiskinan Informasi dan Peranan Perpustakaan dalam Pengentasannya. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1(2), 115–121.

Juarman, J., Susanto, H., & Kurnianto, R. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak menurut Buya Hamka dan Ibnu Miskawaih serta Relevansinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 37–74.

Khadijah, C. (2019). Transformasi perpustakaan untuk generasi millenial menuju revolusi industri 4.0. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 12(2), 59–78.

Rachman, R. A., Sugiana, D., & Rohanda, H. (2019). Strategi sukses transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial untuk masyarakat sejahtera (studi pada Perpustakaan Desa Gampingan Gemar Membaca Malang). Seminar Nasional MACOM III Universitas Padjadjaran, 907–918.

Ramadhani, R. W. (2020). Strategi Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam Menerapkan Nawacita dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(02), 117–129.

Sugiarto, E. (2017). Menyusun proposal penelitian kualitatif: Skripsi dan tesis: Suaka media. Diandra Kreatif.

Torano, K. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dalam Mendukung Program Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Jurnal AbdiMas Bongaya, 1(2), 14–20.

Zulfah, M. A., & Aisa, A. (2018). Transformasi Perpustakaan Desa. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 192–199.

AK, W. W., & ZA, T. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Gemasih, F., Nasir, M., & Safri, T. M. (2022). Pembinaan Dan Pemberdayaan Perpustakaan Desa Oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Bener Meriah DAN. PROCEEDINGS ICIS 2021, 1(1).

Haryanti, W. T. (2019). Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(2).

Himayah, H. (2013). Information Poverty: Kemiskinan Informasi dan Peranan Perpustakaan dalam Pengentasannya. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1(2), 115–121.

Juarman, J., Susanto, H., & Kurnianto, R. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak menurut Buya Hamka dan Ibnu Miskawaih serta Relevansinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 37–74.

Khadijah, C. (2019). Transformasi perpustakaan untuk generasi millenial menuju revolusi industri 4.0. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 12(2), 59–78.

Rachman, R. A., Sugiana, D., & Rohanda, H. (2019). Strategi sukses transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial untuk masyarakat sejahtera (studi pada Perpustakaan Desa Gampingan Gemar Membaca Malang). Seminar Nasional MACOM III Universitas Padjadjaran, 907–918.

Ramadhani, R. W. (2020). Strategi Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam Menerapkan Nawacita dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(02), 117–129.

Sugiarto, E. (2017). Menyusun proposal penelitian kualitatif: Skripsi dan tesis: Suaka media. Diandra Kreatif.

Torano, K. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dalam Mendukung Program Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Jurnal AbdiMas Bongaya, 1(2), 14–20.

Zulfah, M. A., & Aisa, A. (2018). Transformasi Perpustakaan Desa. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 192–199.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.430-435

Article Metrics

Abstract view : 483 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.