Pengaruh Terpaan Dan Celebrity Endorser Pada Iklan Terhadap Keputusan Membeli

Veren Virginia, Sendi Eka Nanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan dan celebrity endorser Amanda Manopo dan Arya Saloka pada iklan Luwak White Koffie versi Less Sugar terhadap keputusan membeli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan paradigma positivisme. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner kepada reponden, pengambilan jumlah sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Lemeshow karena populasi tidak diketahui, kemudian didapatkan sebanyak 100 responden dengan kriteria pernah menonton tayangan iklan Luwak White Koffie versi Less Sugar dan kopi hitam. Teori yang digunakan   adalah   teori   S-O-R   (stimulus–organism–response).  Hasil   dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh terpaan dan celebrity endorser Amanda Manopo dan Arya Saloka pada iklan Luwak White Koffie versi Lesss Sugar dan kopi hitam terhadap keputusan membeli sangat lemah yaitu sebesar 16,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan dari penelitin ini bahwa pengaruh terpaan dan celebrity endorser Amanda Manopo dan Arya Saloka pada iklan Luwak White Koffie versi Less Sugar dan kopi hitam berpengaruh positif terhadap keputusan membeli.

Full Text:

PDF

References


Adhy, M. A. R. S., & Herieningsih, S. W. (2019). Pengaruh Terpaan Iklan Bukalapak

di Televisi dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian di Situs Jual Beli online Bukalapak. Interaksi Online, 7(4), 105-112.

Kopi Luwak Official Website. (n.d.). Retrieved from http://www.kopiluwak.org/baru/index.html

Kotler, P. Keller (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Erlangga. Jakarta. Nurudin, N. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. RajaGrafindo Persada.

Nisa, B. N. (2019). Hubungan Terpaan Iklan dan Kredibilitas Brand Ambassador

R&D.Bandung: Alfabeta.

Rakhmat, J. (2001). Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Rani, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Membeli Cactus Flower Di Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen, 9(1), 52-67.

Sari, F. M., Makhrian, A., & Buldani, K. (2018). Pengaruh Label Halal dan Harga

terhadap Keputusan Membeli Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Prodi Manajemen Universitas Bengkulu). Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 5(1).

Shimp, T.A. (2014). Periklanan dan promosi: aspek pelengkap dari komunikasi pemasaran terpadu.Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

Syeimim, M. D. (2019). Pengaruh Celebgram (celebrity endorser instagram) terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Media Sosial Instagram di Kota Banjarmasin. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11585

Wati, E. W. M. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser pada Iklan Luwak White Koffie terhadap Minat Beli (Studi Kasus Iklan Luwak White Koffie versi Lee Min Hoo pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 Universitas Islam Riau) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2196

White Koffie Top Brand. (n.d.). Retrieved from https://www.topbrand-award.com

Wulandari, D. (2011). Pengaruh Terpaan Iklan Sabun Pencuci Piring Sunlight Dengan Endorser “Sahrul Gunawan” Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen Ibu-ibu PKK Kelurahan Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul) (Doctoral dissertation, UPN" VETERAN" YOGYAKARTA). http://repository.upnyk.ac.id/1519/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i1.2022.168-174

Article Metrics

Abstract view : 1801 times
PDF - 827 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.