PERAN STAKEHOLDER DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RELOKASI PELABUHAN BONGKAR MUAT DI KAWASAN FREE TRADE ZONE KABUPATEN KARIMUN

Viea Berliana, Adianto Adianto

Abstract


Kebijakan untuk merelokasi pelabuhan bongkar muat memang sudah lama direncanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun. Namun, sampai sekarang kebijakan tersebut belum juga terealisasi. Dalam hal ini, peran dari setiap stakeholder yang terlibat dalam implementasi kebijakan harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran stakeholder dalam implementasi kebijakan relokasi pelabuhan bongkar muat, dan melihat faktor-faktor yang menghambat peran stakeholder dalam implementasi kebijakan relokasi pelabuhan bongkar muat di Kawasan Free Trade Zone Kabupaten Karimun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kulaitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran stakeholder menurut Nugoho. Hasil penelitian ini adalah stakeholder yang terlibat dalam implementasi kebijakan pelabuhan bongkar muat belum melaksanakan perannya dengan baik, serta faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi kebijakan relokasi pelabuhan bongkar muat meliputi regulasi dan sikap stakeholder, kurangnya koordinasi antar stakeholder, dan fasilitas pelabuhan pengganti yang dinilai masih kurang.

Kata kunci: Free Trade Zone, pelabuhan bongkar muat, stakeholder


Full Text:

PDF

References


Ady, Muzwardi, (2017). Free Trade Zone menuju Kawasan Ekonomi khusus di Batam, Bintan dan Karimun,Yogyakarta; Expert

Diyah Novitasari, D. R. (2019). ANALISIS STAKEHOLDER DALAM IMPLEMENTASI KAMPUNG TEMATIK SENI DAN BUDAYA DI KELURAHAN TEMBALANG. E-Journal3.Undip.Ac.Id, 7(9), 1–12

Hakim, A. L. (2019). Analisis Aktor yang Berperan dan Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Tata Ruang : Studi Di Kabupaten Pandeglan G. The Indonesian Journal of Public, 5(1), 1–16.

Imanda, M. B., & Rusdarti, R. (2020). Kebijakan dan Implementasi Program Relokasi PKL Kawasan Tlogosari Kota Semarang. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 3(1), 616–624.

Mahfud, M. (2015). Peran Dan Koordinasi Stakeholder Dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan Di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Jurnal Administrasi Publik (JAP) Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(12), 2070–2076.

Nugroho, H.N. Zauhar, S., & Suaryadi. (2014). Koordinasi Pelaksanaan Program Pengembangan Kawasan Agropolitan di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pembangunan Dan Alam Lestari., 5(1), 12–22.

Pradito Sony W. (2018). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN FREE TRADE ZONE DI KABUPATEN BINTAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU (Studi Kasus : Peredaran Rokok Khusus Free Trade Zone). JURNAL ILMIAH WAHANA BHAKTI PRAJA, Vol. 8(1), 11–26.

Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. (2015). Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

RAHMADANI, Mustafa, L. O., & Tawai, A. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM RELOKASI PASAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI PEDAGANG (STUDI KASUS PASAR SENTRAL WUA-WUA KENDARI). REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik, Vol 4, No, 1–12.

Rakinaung, M., Kimbal, M., & Egeten, M. (2018). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM RELOKASI PASAR TOBELO KABUPATEN HALMAHERA UTARA. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1), 1–8.

Setiawan, B., & Nurcahyanto, H. (2018). Analisis Peran Stakeholders dalam Implementasi Kebijakan Penanggulangan Angka Kematian Ibu Studi Kasus Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Ilmu Sosial Fan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 9(2), 127–144.

Subhan, A. (2015). Jejaring Kebijakan Pengangkutan Batubara Di Provinsi Jambi Ditinjau Dari Perspektif Good Governance. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 86.

Tardiyo, D. (2020). JEJARING KEBIJAKAN DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DIKABUPATEN SUBANG. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, Volume 7(2), 260–267.

Wahab. A. Solichin. (2016). Analisis Kebijakan Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik Teori & Proses. Yogyakarta: Medi Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.484-494

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.