INOVASI PEMERINTAHAN DESA DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA WARUNG BAMBU KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2020

Mulida Rizki Tamia, Dadan Kurniansyah, Haura Atthahara

Abstract


Inovasi pemilihan Kepala Desa Warung Bambu Kabupaten Karawang dapat dilihat merupakan inovasi yang sangat mempengaruhi sistem dan mekanisme  pemilihan kepala desa yang sebelumnya menggunakan sistem konvensional ketika tahun 2020 berubah menggunakan sistem scan barcode dalam pemilihan kepada desa. Perbandingan antara pemilihan kepala desa sebelumnya dengan yang menggunakan scanbarcode dapat lebih baik dan efektif dilaksanakan yang menggunakan scanbarcode dikarenakan tingkat pemilih yang dapat di akses dengan menggunakan teknologi dan meminimalisir tingkat kecurangan dalam berjalannya pemilihan kepala desa tahun 2020. Hal ini dapat dikatakan inovasi yang memang benar-benar dapat di lanjutkan dan dipertimbangkan sistem pemilihan kepala desa dengan menggunakan scanbarcode ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menggali fakta-fakta mengenai Inovasi Pemerintahan Desa Dalam Pemilihan Kepala Desa Warung Bambu Kabupaten Karawang Tahun 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diambil dari narasumber yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini terdiri dari informan terdiri atas unsur Pemerintah Desa Warung Bambu (Kepala Desa), Panitia Sebelas, BPD Desa Warung Bambu,PANTARLIH Desa Warung Bambu dan Pemilih dari Desa Warung Bambu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pemerintahan desa dalam pemilihan kepala desa warung bambu kabupaten karawang dapat tercapai secara baik dan lancar.

Kata Kunci : Inovasi, Pemilihan Kepala Desa, Scan Barcode


Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin. 2012.Psikologi Kepemimpinan & Inovasi (7thed).

(Jakarta: Erlangga).

Creswell, J.W. 2016.Research Desain Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (Yogyakarta:Pustaka Pelajar).

Dewi, Sukma Nanda. 2016. Efektivitas Sistem Electronic Voting Dalam Pemilihan Kepala Desa Di Desa Pa’Jukukang Kecamatan Pa’Jukukang Kabupaten Bantaeng.Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu PolitikUniversitas Hasanuddin.

Faqomi, Sihabul Indra. 2018. Inovasi E-Pilkades Dalam Pemilihan Kepala Desa Di Desa Kandangan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik.Jurusan Filsafat Politik Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Haris dan Indra . 2019. Sistem Pemilihan Kepala Desa dan Pengangkatan Lurah serta Pengaruhnya terhadap Pelayanan Publik : Studi Kasus Perbandingan di kota Jambi dan Muaro Jambi. Jurnal Ilmu Politik. Vol 11 (2)

Hasanul B, Sholeh M, George T. I. T. 2019. Pemilihan Kepala Desa Dan Partisipasi Masyarakat Marjinal: Studi Kasus Di Pulau Bawean, Indonesia. Jurnal Wacana Politik. Vol 4 (1)

Juri dan Paulus. 2018. Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Semuntai Tahun 2014. Jurnal Pekan. Vol 3 (1)

Lexy J.Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : Remaja Rosdakarya).

Muhammad F.A. K , Ade A. J.S , Ivan S. Z, Prayetno. 2017. Perilaku Memilih Pemilih Pemula pada Proses Pemilihan Kepala Desa Laut Dendang Tahun 2016 .Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Vol 9 (1)

Muluk, M.R Khairul. 2008. Knowledge Management : Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang : Banyumedia.

Santana,Septiawan. 2010. Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif. (Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia).

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung : Alfabeta).

_____.2015.Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Method). (Bandung: Alfabeta).

_____.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta).

Suwarno, Y. 2008. Inovasi Sektor Publik (1 st ed). (Jakarta: STIA-LAN Press).

Wina, S. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran (Teoritik dan Praktik Kurikulum KTSP). (Jakarta: Prenada Media Group).

Taufiq, Moh Haqiqit. 2018. Partisipasi Masyarakat Dalam Electronic Voting Pada Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus Desa Klantingsari, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo). Jurusan Filsafat Politik IslamFakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Peraturan Mendagri Nomor 65 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa.

Peraturan Bupati Karawang Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Karawang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Otonomi Daerah.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional dan Teknologi.

Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Tinjauan Umum Tentang Pemerintah Desa. Available at :

http://repository.uin-suska.ac.id/8927/4/BAB%20III.pdfDi akses pada tanggal 18 Desember 2020.

Digilib UIN Sunan Ampel Surabaya. Tinjauan Umum Tentang Pemilihan Kepala Desa. Available at :

http://digilib.uinsby.ac.id/1198/3/Bab%202.pdfDi akses pada tanggal 18 Desember 2020.

Jogloabang pustaka Yogyakarta.Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2017 Tentang Perubahan Aturan Pemilihan Kepala Desa. Available at :

https://www.jogloabang.com/pustaka/permendagri-65-2017-perubahan-aturanpilkades#:~:text=Mahkamah%20menilai%20pemilihan%20kepala%20desa,ayat%20(2)%20UUD%201945Di akses pada tanggal 18 Desember 2020.

Internasional IDEA Supporting Democracy Worldwide Sweden.Memperkenalkan Pemilihan Elektronik :Pertimbangan Essensial. Available at :

https://www.idea.int/sites/default/files/publications/introducing-electronic-voting-ID.pdfDi akses pada tanggal 18 Desember 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.409-415

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.