Kontribusi Relawan Aku Belajar (Studi Pelaksanaan Budaya Literasi Pada Anak Pemulung)

Iwan Ramadhan, Imran Imran

Abstract


Pemerintah mencanangkan budaya literasi sebagai salah satu pilihan untuk meningkatkan taraf pendidikan yang berkelanjutan; Dalam perkembangannya budaya literasi masih sangat minim bahkan memprihatinkan, banyaknya open literacy yang masih dominan merupakan bukti masih rendahnya literasi di Indonesia pada umumnya, termasuk untuk anak-anak. Anak-anak pemulung yang ternyata masih membutuhkan perhatian khusus, Relawan Aku Belajar merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat yang didirikan oleh para pemuda yang tergerak untuk melakukan kegiatan kepedulian sosial khususnya di bidang pendidikan; Dalam penelitian ini akan diuraikan proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis budaya literasi. Anak-anak pemulung di sekitar TPA di Desa Batulayang menggunakan pendekatan kualitatif, deskripsi yang mendalam melalui observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan budaya literasi terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu proses pembelajaran budaya literasi pembukaan, proses kegiatan inti, dan proses penutupan kegiatan penerapan budaya literasi pada anak pemulung yang membiasakan diri membaca dan menulis melalui kontribusi Relawan Aku Belajar.

Kata kunci: Anak Pemulung, Budaya Literasi, Relawan Aku Belajar


Full Text:

PDF

References


Agusta, A. S. (2020). Komunitas Baca Dalam Menyebar Virus Literasi “Perpustakaan Jalanan DIY.” IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 14(1), 29. https://doi.org/10.30829/iqra.v14i1.6350

Ali Anwar, Noer Hidayah, M. A. H. (2017). Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan. Edudeena, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.445

Aryani, F., & Rais, M. (2018). Pemberdayaan Anak Pemulung Melalui Teknik Storytelling. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 113. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.208

Fitri, V. L. (2017). Pemulung Anak di TPA Muara Fajar Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 4(2), 1–12.

Handayani, T. U. (2020). Penguatan Budaya Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter. Jurnal Literasi, 4(1), 67–69.

Hardiyanti Isnin, Y. (2018). Peran Komunitas Mengajar Terhadap Pendidikan di Kecamatan Muncang Provinsi Banten (Studi Kasus: Komunitas Gerakan Ayo Mengajar). 1–140. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39882

Hendra Kurniawan. (2018). Literasi dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Gava Media.

Heppy Mariana Ritonga. (2019). Komunikasi Efektif Relawan Pada Anak (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Komunikasi Efektif Relawan dalam Proses Belajar Mengajar pada Anak-anak di Kelas Dewantara Marendal). Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. https://library.usu.ac.id

Huzaemah, S. (2020). Kehidupan Sosial Ekonomi Pemulung Di Tempat Pembuangan Ahir (TPA) Kelurahan Sitimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta. Islamic Management and Empowerment Journal, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.18326/imej.v2i1.81-92

Imran, Aswar, K., Pratiwi, N., Aynul, N., & Syafril, S. A. (2017). Budaya Literasi Melalui Program GLS Dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Siswa SD Negeri Melayu. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(2), 701–711.

Imsiyah, N. (2016). Peranan Pendidikan Nonformal Sebagai Upaya Rehabilitasi Gelandangan Dan Pengemis Di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember. Pancaran, Vol.5,(1), 83–94.

Inayati Ma’rifah, Cut Dhien Nourwahida, A. N. A. (2018). Pola Asuh Anak dalam Keluarga Pemulung. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 14(1), 1–11. https://doi.org/https;//doi.org/10.15408/harkat.vI4I1.10400

Ismali Nurdin, S. H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Jefriyanto, C. (2019). Pemulung di era milenial (studi kasus di tpa jamur labu, aceh timur). Jurnal Investasi Islam, IV(1), 102–115.

Kuntoro, S. A. (2016). Pendidikan Nonformal (PNF) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 14–18. https://core.ac.uk/download/pdf/295555318.pdf

Lelya Hilda. (2017). Kondisi Pendidikan Pekerja Anak Usia Sekolah di Tempar Pembuangan Akhir (TPA) Sampah. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 1(1), 12–25.

Maria Ulfa. (2019). Upaya Relawan C-Four Dalam Memotivasi Anak Penderita Kanker Di Komunitas C-Four Banda Aceh. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(5).

Muslimin. (2018). Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat desa. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 107–118.

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Pontianak : Gadja Mada University Press. Pontianak : Gadja Mada University Press.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB (Prosiding), 146–156.

Pratiwi, E. P., & Wibhawa, B. (2015). Pengembangan Pendidikan Non Formal Melalui Program Keaksaraan Fungsional Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 169–174. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13274

Putri, E. R., Aryadillah, & Muhammad, U. (2019). Gaya Komunikasi Relawan Serambi Inspirasi Dalam Membangun Minat Belajar Anak (Studi Deskriptif Kualitatif Pada SD Dinamika Indonesia Bantar Gebang-Bekasi). Cakrawala, 19(1), 99–106. doi: https://doi.org/10.31294/jc.v19i1

Rahayu, R., & Nurizzati. (2018). Partisipasi Relawan Terhadap Kegiatan Peningkatan Minat Baca Masyarakat di Taman Baca Suka Maju Sejahtera Kota Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1), 246–258. http//.ejurnal.unp.ac.id

Rahmadhani, A., & Raksun, A. (2021). Pelatihan Batu (Baca Dan Tulis) Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Pkbm Oi Rida Desa Nata Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.572

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/10412/4379

Rusdiana, Sulistyarini, I. R. (2021). Analisis Proses Belajar Mengajar Bebasis Literasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1), 1–9.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Sholihin et al. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sudiro, L. (2012). Pemulung Anak-Anak Yang Masih Sekolah ( Studi: Fungsi Keluarga Pada Keluarga Pemulung Anak-anak Di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Ganet Tanjungpinang ). In Naskah Publikasi. Univesitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran (teori dan aplikasi). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suyanto, B. (2013). Masalah Sosial Anak Edisi Revisi. Jakarta: Prenada media Group.

Ulmi, T. F., & Ramadhan, I. (2021). Analisis Peran Relawan Organisasi Aku Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pemulung di TPAS Batu Layang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(3), 1–11.

Wang, Q., & Anderson, R. (2010). An Early Reading Intervention for an At-Risk Chinese First Grader. Literacy Teaching and Learning, 15, 81–108.

Y, Abidin., Muryati T., Y. H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi, Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.374-383

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.