Persepsi Konsumen Perempuan Pada Konten Instagram @Zaskiadyamecca Pasca Kontroversi Dugaan Pro Israel Scarlett Whitening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen perempuan Scarlett whitening pada konten Instagram @zaskiadyamecca selaku brand ambassador pasca kontroversi dugaan pro Israel yang terjadi. Melalui media sosial, informasi dapat tersebar dengan cepat termasuk salah satunya adalah kontroversi dugaan pro Israel yang tengah hangat dibicarakan oleh banyak orang. Penggunaan brand ambassador sebagai salah satu orang yang memiliki pengaruh di media sosial terutama Instagram juga menjadi salah satu faktor pendukung untuk dapat membantu mengembalikan kepercayaan konsumen dan merubah persepsi mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang memiliki tujuan untuk mengkaji, menjelaskan, dan mendeskripsikan secara mendalam mengenai fenomena yang sedang terjadi. Data dari penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 8 informan terpilih sesuai kriteria yang telah ditentukan melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan kedelapan informan terdapat berbagai macam persepsi dari masing-masing konsumen terkait kontroversi dugaan pro Israel yang terjadi. Dari hal tersebut, adanya konten instagram yang diunggah oleh @zaskiadyamecca pasca kontroversi dugaan pro Israel pada brand Scarlett Whitening menimbulkan perubahan persepsi dari masing-masing konsumen baik yang sebelumnya turut melakukan boikot maupun tidak.
Kata kunci: Persepsi, Kontroversi Pro Israel, Brand Ambassador, Konsumen, dan Instagram
Full Text:
PDFReferences
Afifa, Anisatul & Kusnarto. (2022). Persepsi Followers terhadap Postingan Keputusan Lepas Hijab Influencer @Rachelvenya di Instagram. Ekspresi Dan Persepsi, 5(2), 299–307.
Ahmad, Regista Fabunga & Azizah, Nurul. (2021). Peran Sikap pada Iklan dalam Memediasi Pengaruh Brand Ambassador terhadap Minat Beli Produk Mie Sedaap Goreng Korean Spicy Chicken. Journal Syntax Admiration, Vol. 2
Devica, S. (2020). Persepsi konsumen terhadap flash sale belanja online dan pengaruhnya pada keputusan pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47-56.
Effendy, Onong Uchjana.2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communications E-book. Wiley
Markplus.inc. (2020). ZAP Beauty Index 2020 | 1. ZAP Beauty, 1–36.
Sobur Alex. (2016). Psikologi Umum (Edisi Revisi). Pustaka Setia.
Susilawati, Ade Tiara., Lestari, Nur Anjeni., & Nina, Puput Alpria., (2024). Analisis Sentimen Publik Pada Twitter Terhadap Boikot Produk Israel Menggunakan Metode Naïve Bayes. Nian Tana Sikka: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 26–35.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i4.2024.%25p
Article Metrics
Abstract view : 436 timesPDF - 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.