Systemic Literature Review Peran Program Affiliate Marketing Terhadap Minat Beli Pada Platform E-Commerce

Rizqi Nusabbih Hidayatullah Gaja, Jhon Veri

Abstract


Perkembangan teknologi dan internet telah mendorong transformasi besar dalam industri perdagangan, termasuk di Indonesia. Sejak beberapa tahun terakhir, e-commerce telah menjadi salah satu sektor paling dinamis dan berkembang pesat, memberikan peluang baru bagi para pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Affiliate marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang signifikan dalam industri e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran program affiliate marketing terhadap minat beli konsumen pada platform e-commerce melalui metode tinjauan literatur sistemik. Affiliate marketing, sebagai salah satu strategi pemasaran digital yang semakin populer, melibatkan pihak ketiga yang mempromosikan produk untuk mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dihasilkan. Tinjauan literatur ini mengumpulkan dan menganalisis 15 artikel yang telah dipublikasikan dan yang mengandung kata kunci program affiliate, minat beli di e-commerce, dan platform e-commerce yang terbit pada rentang tahun 2019 sampai 2024. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur pemasaran digital dan menawarkan wawasan praktis bagi penjual dalam meningkatkan minat beli di e-commerce. Penelitian ini menemukan bahwa metode penelitian yang banyak digunakan untuk menganalisis data peran program affiliate terhadap minat beli pada platform e-commerce ialah metode kuantitafif dan para affiliasi harus memprioritaskan kualitas foto produk saat melakukan promosi.

Full Text:

PDF

References


Anissa DW, & Agung Dwi. (2023, July 7). Capai Rp 718 Triliun, Shopee Catatkan Rekor Transaksi Penjualan Tertinggi pada 2022 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Capai Rp 718 Triliun, Shopee Catatkan Rekor Transaksi Penjualan Tertinggi pada 2022”, Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/07/100300926/capai-rp-718-triliun-shopee-catatkan-rekor-transaksi-penjualan-tertinggi-pada. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6. Kompas.Com.

Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK SCARLETT DI E-COMMERCE SHOPEE. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(6), 1370–1379.

Brown, R., & Rocha, A. (2020). Entrepreneurial uncertainty during the Covid-19 crisis: Mapping the temporal dynamics of entrepreneurial finance. Journal of Business Venturing Insights, 14, e00174.

Elvina, A., Nugroho, N., Hutabarat, F. A. M., Ivone, I., & Ciamas, E. S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembeli (Di Platform E-Commerce Shopee Dan Tokopedia). Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(1), 12–16.

Erifiyanti, R., Pane, S. R. N., Trijayanti, A., & Simanjuntak, K. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Shopee Affiliate terhadap Minat Pembeli. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).

Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., & Narullia, D. (2019). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 80–84.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21–26.

Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1).

Herlina, V., & Yacob, S. (2022). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN VARIABEL DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN. Journal Publicuho, 5(1). https://doi.org/10.35817/jpu.v5i1.23801

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh tampilan web dan harga terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai intervening variable pada e-commerce shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43.

López García, J. J., Lizcano, D., Ramos, C. M. Q., & Matos, N. (2019). Digital marketing actions that achieve a better attraction and loyalty of users: An analytical study. Future Internet, 11(6), 130.

Rahman, F. (2022). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 24–37.

Randi Eka. (2023, December 20). Memahami E-Commerce 2024: Strategi dan Kiat untuk Menyongsong Masa Depan Pertumbuhan Pemilik Merek. DailySocial. https://dailysocial.id/wire/memahami-e-commerce-2024-strategi-dan-kiat-untuk-menyongsong-masa-depan-pertumbuhan-pemilik-merek

Sissy, P., Aisadira, M., Khairani, D., Syahda, F., & Rakhmawati, N. A. (2024). Pengaruh Marketing Digital Shopee Affiliate pada Minat Beli Mahasiswa Sistem Informasi ITS. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 182–197.

Sukma, E. H., Amalia, F., Ranggana, H. I. A., Septiani, P. P., Albani, R. D., & Siswatjanthy, F. (2024). PRAKTlK AFFlLlATE MARKETING PADA PLATFORM E-COMMERCE DALAM TlNJAUAN HUKUM EKONOMl INDONESIA. Causa: Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 2(2), 81–90.

Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304–313.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.%25p

Article Metrics

Abstract view : 1382 times
PDF - 475 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.