Integrasi Etika Pendidikan dan Keterikatan Sosial Dalam Pembelajaran Holistik

Aslamiyah Rambe, Tobroni Tobroni, Joko Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi integrasi nilai-nilai etika dan keterikatan sosial dalam pendidikan holistik. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literature, wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi etika pendidikan dan keterikatan sosial secara signifikan berkontribusi pada pengembangan karakter siswa, meningkatkan empati, toleransi, dan tanggung jawab sosial mereka. Lingkungan pembelajaran yang mendukung dan budaya sekolah yang inklusif memainkan peran penting dalam keberhasilan implementasi. Praktik-praktik seperti pembelajaran berbasis proyek, kurikulum multikultural, dan kolaborasi komunitas terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan holistik yang menghubungkan etika pendidikan dan keterikatan sosial tidak hanya memperkaya pengalaman belajar siswa, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menjadi warga dunia yang bertanggung jawab dan berempati. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup peningkatan pelatihan guru, penguatan kolaborasi antara sekolah dan komunitas, serta evaluasi berkelanjutan untuk memastikan efektivitas program. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang pentingnya integrasi etika dan keterikatan sosial dalam pembelajaran holistik untuk membentuk generasi yang lebih baik dan berdaya saing global.

Kata kunci: Empati, Etika Pendidikan, Pengembangan Karakter, Toleransi.


Full Text:

PDF

References


Damai, P., Pemahaman Hak Asasi Manusia Dan Keadilan Sosial Kusnadi, M., & Arafiyah Tri Wulandari, N. (2024). Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu. 8(1), 539–551. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7126

Fitriani, R. (n.d.). Penerapan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif untuk Anak-Anak dengan Kebutuhan Khusus. 1–16.

Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional : Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. 5(2), 1026–1036.

Iqral, M., 2, W. N., Al-Kifayah, S., Riau, I., Kunci, K., Islami, K., & Kontemporer, P. (2024). Al-Mujahadah: Islamic Education Journal PENTINGNYA PEMBINAAN KARAKTER ISLAMI DALAM SISTEM PENDIDIKAN KONTEMPORER. 1, 131–147. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Nuraeni, L., Hadian Tamagola, R. A., Hafida, N., Wonggor, S., Abdul Aziz, A., Siliwangi, I., Terusan Jend Sudirman No, J., Cimahi Tengah, K., Cimahi, K., Barat, J., Tompotika Luwuk, U., Banggai, K., Tengah, S., Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Waskita Dharma Malang, S., Indragiri No, J. V, Blimbing, K., Malang, K., Timur, J., Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, S., … Sukabumi, K. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menghadapi Isu-Isu Strategis Terkini di Era Digital. Journal on Education, 06(02), 14615–14620.

Nurhayati, E. (2020). Mengembangkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menuju Society 5.0. Upy, 06(02), 11327–11333. https://www.upy.ac.id/berita/mengembangkan-pendidikan-karakter-berbasis-budaya-menuju-society-50

Paputungan, E., & Paputungan, F. (2023). Pendekatan dan Fungsi Afektif dalam Proses Pembelajaran. Media Online) Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 2986–1012.

Rukiyanto, B. A., Nurzaima, N., Widyamingtyas, R., Tambunan, N., Solissa, E. M., & Marzuki, M. (2023). Hubungan antara pendidikan karakter dan prestasi akademik mahasiswa perguruan tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 4017–4025.

Sabil, M. A., Shafira, S., & Hidayat, S. (2024). Filsafat Pendidikan Pancasila: Membangun Karakter Unggul Di Sekolah Dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 233–239. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.2040

Suprayitno, M. A., & Moefad, A. M. (2024). Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda Muslim di Era Globalisasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1763–1770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3658

Syahrini, R. A., Afisyah, S. O., Nuraeni, H. A., Prajabatan, P. P. G., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2024). Melampaui Sekularisme : Harmoni Integrasi Islam dan Sains dalam Mengatasi Kerapuhan Sains Modern. 8, 17899–17908.

Syaifuddin, F., Yamin, A., & Suparman, S. (2024). Kinerja dan Motivasi Aparatur Pasca Penerapan Kebijakan Penyederhanaan Birokrasi di Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1945–1955. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3391

Tuturop, A., & Sihotang, H. (2023). Analisis Perkembangan Karakter dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Melalui Pendidikan Etika Moral. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9613–9629.

Vera Dwi Apriliani, G. S., & Acep, M. E. (2023). Menghargai Perbedaan: Membangun Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(02), 425–432.

Wardani, R. P., Fitriyah, C. Z., & Rofiq, A. (2024). Etnopedagogik sebagai pendekatan dalam pendidikan dasar. 18, 183–190. https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.47076

Widianto, D., & Israhadi, E. I. (2024). Penafsiran Filsafat Ilmu Dan Filsafat Hukum Dalam Menghadapi Tantangan Ketatanegaraan Kontemporer. 4, 8403–8412.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.694-700

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.