Pemanfaatan Media Sosial Pada Akun Instagram Komunitas @earthhourjogja Guna Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan
Abstract
Earth Hour Jogja sebuah komunitas yang bergerak di bidang lingkungan ataupun kesadaran terhadap lingkungan. Tidak sedikit pula kegiatan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga dan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan baik secara offline maupun online. Dalam memanfaatkan media sosial Instagram, Koordinator atau pengelola akun bertanggung jawab untuk membuat serta mengunggah sebuah konten dan publikasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan model dari Regina Luttrell The Circular Model of SoMe yang meliputi Share, Optimize, Manage dan Engage. Teknik yang dilakaukan adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam penilitian ini beberapa menghasilkan catatan bagaimana sebuah komunitas memanfaatkan akun media sosial Instagram guna meyebarkan informasi agar lebih efektif dan sampai kepada audiens. Dari hasil penelitian ini di simpulkan : Earth Hour Jogja dalam pengelolaan Instagram masih memiliki beberapa catatan untuk ditingkatkan, seperti optimize, Manage dan Eangage, karena sebuah konten akan dikatakan hidup jika konten tersebut memiliki aktivitas yang beragam atau aktif.
Kata kunci: Earth Hour Jogja, Kesadaran Lingkungan, Instagram, Model Melingkar SoMe,
Full Text:
PDFReferences
Amanda Bahraini. (2022, February 28). Earth Hour Indonesia: Belajar Tentang Isu Energi dan Perubahan Iklim dari Mematikan Lampu Selama Satu Jam. https://waste4change.com/blog/earth-hour-indonesia-belajar-tentang-isu-energi-dan-perubahan-iklim-dari-mematikan-lampu-selama-satu-jam/#:~:text=Di%20Indonesia%20sendiri%20dimulai%20sekitar,Earth%20Hour%20kepada%20anak%20muda.
Angela, N., & Gafar Yoedtadi, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Komunitas Historia Indonesia.
Marwuri, T., & Yohana, N. (2016). Komunikasi persuasif komunitas earth hour dalam membentuk perilaku ramah lingkungan pada masyarakat di kota Pekanbaru (Studi pada aksi rampok sampah di car free day jalan diponegoro. Pekanbaru: Universitas Riau, Indonesia.
Moridu, I., Purwanti, A., Melinda, M., Sidik, R. F., & Asfahani, A. (2023). Edukasi Keberlanjutan Lingkungan Melalui Program Komunitas Hijau Untuk Menginspirasi Aksi Bersama. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7121–7128.
Prabawati, H., & Adi, W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Sebagai Media Publikasi Kegiatan. Jurnal Communicology, 7(2). http://journal.unj.ac.id/
Ramadhani, N., Salam, N. E., & Yozani, R. E. (2023). PEMANFAATAN KONTEN TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL SHOPPE AFFILIATE PADA AKUN TIKTOK “INDISYINDI.” https://kompas.com
Rita Fiantika, F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2019). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Syafrina, A. E. (2023). Komunikasi Kelompok Komunitas Film Fakultas Ilmu Komunikasi (Koffi) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dalam Mengatasi Konflik. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 8(1), 1–14.
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., Lismayani, A., & Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar, P. (2023). JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN DOKUMENTASI: PENDIDIKAN DI MAJELIS TAKLIM ANNUR SEJAHTERA. https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M
Zuhri, M. A. M., & Christiani, L. (2019). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi library based community (studi kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo@ Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 21–30.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.674-682
Article Metrics
Abstract view : 1310 timesPDF - 162 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.