ANALISIS EFEKTIVITAS MARKETING MIX DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN GRAND KARTIKA DI KOTA GUNUNGSITOLI

Lican Nirmala Harefa, Yupiter Mendrofa, Idarni Harefa, Yuterlin Zalukhu

Abstract


Restaurant Grand Kartika Kota Gunungsitoli dijalankan dan beroperasi banyak pelanggan yang berdatangan untuk menikmati makanan, minuman dan suasana Restaurant  mulai dari wisatawan asing dan orang dalam negeri di berbagai provinsi. Hingga saat ini Restaurant Grand Kartika Kota Gunungsitoli masih tetap berjalan meskipun nama Restaurant ini mulai tenggelam akibat kurangnya efektivitas marketing mix dalam usahanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui efektivitas Marketing Mix dalam menarik minat konsumen khususnya dalam produk, harga, promosi dan distribusi pada Restoran Grand Kartika di Kota Gunungsitoli, dan Untuk mengetahui apa saja kendala-kendala efektivitas  Marketing Mix  dalam menarik minat konsumen pada Restoran Grand Kartika di Kota Gunungsitoli. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa Efektivitas Marketing Mix  pada Restaurant Grand Kartika di Kota Gunungsitoli pada saat ini sudah cukup baik hanya saja perlu diterapkan lagi secara mendalam agar bisa meningkatkan daya tarik konsumen dan meningkatkan daya tarik konsumen. Restoran Grand Kartika memiliki pendekatan holistik dalam strategi produk, harga, promosi, dan distribusi. Fokus pada kualitas, variasi menu, dan pelayanan ramah, membuatnya menjadi pemain signifikan di industri kuliner Gunungsitoli. Meskipun lokasi kurang strategis, tetapi potensi promosi masih dapat ditingkatkan. Kendala pada Restoran Grand Kartika yaitu perlu memperhatikan kualitas produk dan layanan agar tetap memenuhi ekspektasi pelanggan. Penyesuaian dalam penetapan harga dan strategi promosi diperlukan untuk meningkatkan daya saing. Evaluasi strategi lokasi juga penting untuk memastikan aksesibilitas yang optimal.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Aditya Nirwana, Sudarmiatin, & Melany. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034

Afrillia, W., Fauzi, A., Rambe, D., Anggraeni, T., Ambarwati, N. R., & Febrian, H. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bsinis, 1(3), 212–218. http://jurnalprisanicendekia.com/index.php/portofolio/article/view/90%0Ahttps://jurnalprisanicendekia.com/index.php/portofolio/article/download/90/106

Buttussi, F., & Chittaro, L. (2023). Acquisition and retention of spatial knowledge through virtual reality experiences: Effects of VR setup and locomotion technique. International Journal of Human Computer Studies, 177(May), 103067. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2023.103067

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Edithia, T., Puspa, T., Devina, Y., Citra, D., & Yuli, F. (2020). An Analysis of Marketing Mix Elements that Affect Public and Private Hospital: Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(3), 118–125. https://doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3593

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Gnoth, J. (2002). Leveraging export brands through a tourism destination brand. Journal of brand management, 9(4), 262-280. Journal of Brand Management, 9(4), 262–280.

Hafni, S. (2021). Priypwibowo. 1(1), 118–126. Sahir, Syafrida Hafni. %22Metodologi penelitian.%22 (2021).

Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18

Hyun, M. Y., Lee, S., & Hu, C. (2009). Mobile-mediated virtual experience in tourism: Concept, typology and applications. Journal of Vacation Marketing, 15(2), 149–164. https://doi.org/10.1177/1356766708100904

ILO. (2021). World employment and social outlook: The role of digital labour the world of work. In World employment and social outlook: Trends 2022.

Lu, J., Xiao, X., Xu, Z., Wang, C., Zhang, M., & Zhou, Y. (2022). The potential of virtual tourism in the recovery of tourism industry during the COVID-19 pandemic. Current Issues in Tourism, 25(3), 441–457. https://doi.org/10.1080/13683500.2021.1959526

Mustaqim, I., & Fauzi, A. (2022). Literature Review: Analisis Pengaruh Perencanaan Sdm, Pendidikan, Dan Pelatihan Sdm Terhadap Performa Karyawan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 43–48. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.327

Neschen, A. (2023). How Digital Technology Shapes Self-Consciousness in Work Relationships? Reference to Hegel. Philosophy of Management, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s40926-022-00225-0

Nurlina, F., & Sasari, U. (2022). Marketing Mix, Implementation of Marketing Strategies in Health Services: Literature Review. Healthcare Nursing Journal, 4(1), 260–264. https://doi.org/10.35568/healthcare.v4i1.1871

Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982

Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463

Salomon, J. J. (1984). What is technology? The issue of its origins and definitions. History and Technology, 1(2), 113–156. https://doi.org/10.1080/07341518408581618

Sukmaningrum, D., & Nurcahyo, N. (2023). Praktek Pemasaran Bisnis Perusahaan Komersial: Tinjauan Literatur. Journal of Creative Industry, 1(1), 72–83.

Toubes, D. R., Vila, N. A., & Fraiz Brea, J. A. (2021). Changes in consumption patterns and tourist promotion after the covid-19 pandemic. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(5), 1332–1352. https://doi.org/10.3390/jtaer16050075

Tri Nuryani, F., Nurkesuma Nurkesuma, & Baruna Hadibrata. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977

W, R. A., H, G. Y., & Aziz, R. (2021). Pertumbuhan Pasar : Pemimpin , Pesaing , Pengikut , Nicher ( Suatu Literature Review ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Volume 2, Issue 4, Maret 2021, 2(4), 418–441.

Wang, J., Li, M., Li, C., Li, D., & Lin, G. (2022). Revisit the formation of destination brand personality. Annals of Tourism Research, 95, 103408. https://doi.org/10.1016/j.annals.2022.103408

Wibowo, T., Asir, M., Anwar, M., Herdiyanti, & Elyzabeth. (2022). Product Pricing Strategy On Consumer Purchasing Power: A Literature Study. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 2987–2996. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Yuliana, Y., & Ardansyah, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Minuman Kedai Kopi Square di Kota Bandar Lampung. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 309–320. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.265

Yusri, A. Z. dan D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LANGEN KUSUMA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Zainal-Abidin, H., Scarles, C., & Lundberg, C. (2023). The antecedents of digital collaboration through an enhanced digital platform for destination management: A micro-DMO perspective. Tourism Management, 96(December 2022), 104691. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2022.104691

Zuliarni, S., Kartikasari, D., Hendrawan, B., & Windrayati Siregar, S. S. (2023). The impact of buying intention of global fashion on local substitute: The role of product design and price. Heliyon, 9(11), e22160. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e22160




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.745-753

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.