ANALISIS EFEKTIVITAS MARKETING MIX DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN GRAND KARTIKA DI KOTA GUNUNGSITOLI
Abstract
Restaurant Grand Kartika Kota Gunungsitoli dijalankan dan beroperasi banyak pelanggan yang berdatangan untuk menikmati makanan, minuman dan suasana Restaurant mulai dari wisatawan asing dan orang dalam negeri di berbagai provinsi. Hingga saat ini Restaurant Grand Kartika Kota Gunungsitoli masih tetap berjalan meskipun nama Restaurant ini mulai tenggelam akibat kurangnya efektivitas marketing mix dalam usahanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui efektivitas Marketing Mix dalam menarik minat konsumen khususnya dalam produk, harga, promosi dan distribusi pada Restoran Grand Kartika di Kota Gunungsitoli, dan Untuk mengetahui apa saja kendala-kendala efektivitas Marketing Mix dalam menarik minat konsumen pada Restoran Grand Kartika di Kota Gunungsitoli. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa Efektivitas Marketing Mix pada Restaurant Grand Kartika di Kota Gunungsitoli pada saat ini sudah cukup baik hanya saja perlu diterapkan lagi secara mendalam agar bisa meningkatkan daya tarik konsumen dan meningkatkan daya tarik konsumen. Restoran Grand Kartika memiliki pendekatan holistik dalam strategi produk, harga, promosi, dan distribusi. Fokus pada kualitas, variasi menu, dan pelayanan ramah, membuatnya menjadi pemain signifikan di industri kuliner Gunungsitoli. Meskipun lokasi kurang strategis, tetapi potensi promosi masih dapat ditingkatkan. Kendala pada Restoran Grand Kartika yaitu perlu memperhatikan kualitas produk dan layanan agar tetap memenuhi ekspektasi pelanggan. Penyesuaian dalam penetapan harga dan strategi promosi diperlukan untuk meningkatkan daya saing. Evaluasi strategi lokasi juga penting untuk memastikan aksesibilitas yang optimal.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876
Aditya Nirwana, Sudarmiatin, & Melany. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034
Afrillia, W., Fauzi, A., Rambe, D., Anggraeni, T., Ambarwati, N. R., & Febrian, H. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bsinis, 1(3), 212–218. http://jurnalprisanicendekia.com/index.php/portofolio/article/view/90%0Ahttps://jurnalprisanicendekia.com/index.php/portofolio/article/download/90/106
Buttussi, F., & Chittaro, L. (2023). Acquisition and retention of spatial knowledge through virtual reality experiences: Effects of VR setup and locomotion technique. International Journal of Human Computer Studies, 177(May), 103067. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2023.103067
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.
Edithia, T., Puspa, T., Devina, Y., Citra, D., & Yuli, F. (2020). An Analysis of Marketing Mix Elements that Affect Public and Private Hospital: Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(3), 118–125. https://doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3593
Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Gnoth, J. (2002). Leveraging export brands through a tourism destination brand. Journal of brand management, 9(4), 262-280. Journal of Brand Management, 9(4), 262–280.
Hafni, S. (2021). Priypwibowo. 1(1), 118–126. Sahir, Syafrida Hafni. %22Metodologi penelitian.%22 (2021).
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18
Hyun, M. Y., Lee, S., & Hu, C. (2009). Mobile-mediated virtual experience in tourism: Concept, typology and applications. Journal of Vacation Marketing, 15(2), 149–164. https://doi.org/10.1177/1356766708100904
ILO. (2021). World employment and social outlook: The role of digital labour the world of work. In World employment and social outlook: Trends 2022.
Lu, J., Xiao, X., Xu, Z., Wang, C., Zhang, M., & Zhou, Y. (2022). The potential of virtual tourism in the recovery of tourism industry during the COVID-19 pandemic. Current Issues in Tourism, 25(3), 441–457. https://doi.org/10.1080/13683500.2021.1959526
Mustaqim, I., & Fauzi, A. (2022). Literature Review: Analisis Pengaruh Perencanaan Sdm, Pendidikan, Dan Pelatihan Sdm Terhadap Performa Karyawan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 43–48. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.327
Neschen, A. (2023). How Digital Technology Shapes Self-Consciousness in Work Relationships? Reference to Hegel. Philosophy of Management, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s40926-022-00225-0
Nurlina, F., & Sasari, U. (2022). Marketing Mix, Implementation of Marketing Strategies in Health Services: Literature Review. Healthcare Nursing Journal, 4(1), 260–264. https://doi.org/10.35568/healthcare.v4i1.1871
Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982
Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463
Salomon, J. J. (1984). What is technology? The issue of its origins and definitions. History and Technology, 1(2), 113–156. https://doi.org/10.1080/07341518408581618
Sukmaningrum, D., & Nurcahyo, N. (2023). Praktek Pemasaran Bisnis Perusahaan Komersial: Tinjauan Literatur. Journal of Creative Industry, 1(1), 72–83.
Toubes, D. R., Vila, N. A., & Fraiz Brea, J. A. (2021). Changes in consumption patterns and tourist promotion after the covid-19 pandemic. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(5), 1332–1352. https://doi.org/10.3390/jtaer16050075
Tri Nuryani, F., Nurkesuma Nurkesuma, & Baruna Hadibrata. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977
W, R. A., H, G. Y., & Aziz, R. (2021). Pertumbuhan Pasar : Pemimpin , Pesaing , Pengikut , Nicher ( Suatu Literature Review ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Volume 2, Issue 4, Maret 2021, 2(4), 418–441.
Wang, J., Li, M., Li, C., Li, D., & Lin, G. (2022). Revisit the formation of destination brand personality. Annals of Tourism Research, 95, 103408. https://doi.org/10.1016/j.annals.2022.103408
Wibowo, T., Asir, M., Anwar, M., Herdiyanti, & Elyzabeth. (2022). Product Pricing Strategy On Consumer Purchasing Power: A Literature Study. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 2987–2996. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Yuliana, Y., & Ardansyah, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Minuman Kedai Kopi Square di Kota Bandar Lampung. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 309–320. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.265
Yusri, A. Z. dan D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LANGEN KUSUMA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Zainal-Abidin, H., Scarles, C., & Lundberg, C. (2023). The antecedents of digital collaboration through an enhanced digital platform for destination management: A micro-DMO perspective. Tourism Management, 96(December 2022), 104691. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2022.104691
Zuliarni, S., Kartikasari, D., Hendrawan, B., & Windrayati Siregar, S. S. (2023). The impact of buying intention of global fashion on local substitute: The role of product design and price. Heliyon, 9(11), e22160. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e22160
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.745-753
Article Metrics
Abstract view : 657 timesPDF - 155 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.