Hubungan Antara Sumber Daya Manusia Dengan Pemahaman Tugas Pokok Dan Fungsi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara

Pius Silvanus Hia, Yoel Melsaro Larosa, Yuterlin Zalukhu, Fatolosa Hulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap Kualitas Pelayanan, apakah ada hubungan Pemahaman Tugas Pokok Dan Fungsi terhadap Kualitas Pelayanan, apakah ada hubungan antara Sumber Daya Manusia Dengan Pemahaman Tugas Pokok Dan Fungsi terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), sebanyak 16 (enam belas) orang dan Masyarakat sebagai penerima layanan pada bulan November selama dua minggu dengan estimasi sebanyak 558 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitan, peneliti memperoleh kesimpulan yakni berdasarkan hasil uji f variabel X1 (Sumber Daya Manusia) dan X2 (Pemahaman Tugas Pokok Dan Fungsi) memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel Y (kualitas pelayanan) yakni dengan perolehan nilai signifikansi yaitu 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji t Variabel X1 (Sumber Daya Manusia) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan nilai sebesar 0,224 dan tingkat signifikansi 0,007. Variabel X2 (Pemahaman Tugas Pokok dan Fungsi) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan nilai sebesar 0,027 dengan tingkat signifikansi 0,704. Berdasarkan hasil perhitungan nilai koefisien determinasi (R-Square) yaitu sebesar 0,0544, sehingga secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Pemahaman Tugas Pokok Dan Fungsi mempengaruhi Kualitas Pelayanan sebesar 14,4%. Untuk 85,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata kunci: Sumber Daya Manusia (SDM), Pemahaman Tugas Pokok Dan Fungsi, Kualitas Pelayanan.


Full Text:

PDF

References


Achmad Pradana, R., Pitaloka, D., Laduni Rukmana, I., & Gunawan, A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Digital: Keterampilan dan Peran di Era Digital. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(09), 1806–1817. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.583

Alexandro Hutagalung, B. (2022). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Kompetensi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 201–210.

Asri, I. D., & Hartono, B. (2023). Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Dan Kualitas Sumber Daya Manusia : Literature Review. Jurnal Komunika: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 1(1), 65–71.

Dwiansyah, A., Sri, D., Giningroem, W. P., Lestari, S. I., & Meliawati, W. (2024). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Manajemen Sumber Daya manusia). 2(1), 43–58. https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i1.280

FoEh, J., & Niha, S. S. (2022). The Influence of Service Quality, Use of Information Technology and Customer Value on Customer Satisfaction and Loyalty of Online Transportation Services (Literature Review Human Resource Management). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 30–43. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1157

Leonita, N. (2020). Determinasi Pengembangan Karier Dan Kinerja Pegawai Kompetensi Dan Beban Kerja (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(2), 155–167. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i2.342

Maharani, A., & Faddilla, S. P. (2023). Mengukur Kinerja dan Produktivitas Karyawan melalui Metrik Manajemen. 1(3), 69–79.

Muhammad Asir, Yuniawati, R. A., Mere, K., Sukardi, K., & Anwar, M. A. (2023). Peran manajemen risiko dalam meningkatkan kinerja perusahaan: studi manajemen sumber daya manusia. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 32–42. https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i1.844

Mutia, S. (2023). Manajemen Bahaya dan Pengendalian Risiko di Industri Perkapalan. 1, 52–62.

Pahira, S. H. (2023). MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI The Importance of Human Resource Management ( HRM ) In Improving Organizational Performance Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. 03(03), 810–817. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.882

Pariakan, M. A., Manafe, H. A., Niha, S. S., & Paridy, A. (2023). Pengaruh Beban Kerja Pegawai , Motivasi Kerja , dan Kompetensi Pegawai terhadap Prestasi Kerja Pegawai ( Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia ). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(4), 781–790. https://www.dinastirev.org/JEMSI/article/view/1521/916

Purba, R. R. (2020). a Determinasi Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai: Analisis Mutasi Pegawai Dan Penempatan Pegawai (Literature Review Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(2), 252–262. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i2.348

Ridwan, T. (2023). PERAN WISATA KEBON JATI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA CILEDUG WETAN. 3(8), 627–634.

Risnawati. (2023). Analisis Pengorganisasian dan Manajemen Usaha Mikro Syariah : Keberlanjutan dan Efektivitas dalam Konteks Ekonomi Berbasis Prinsip-Prinsip Syariah. 3, 2263–2274.

Sari Pascariati Kasman, P. (2021). FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA: PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA, MOTIVASI KERJA DAN PERUBAHAN ORGANISASI (Literature Review Manajemen). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 689–696. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.625

Setiawan, N. (2021). Determinasi Motivasi Kerja Dan Kinerja Pegawai: Total Quality Management Dan Gaya Kepemimpinan (Literature Review Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(3), 372–389. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i3.690

Vevi Gusniar, D. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS YANG SEMAKIN KETAT DI PERKOTAAN. 1(3), 475–485. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.470-475

Article Metrics

Abstract view : 214 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.