Representasi Kepolosan Wanita Pada Video Klip JKT48 “Benang Sari, Putik, Dan Kupu-Kupu Malam” (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Yoga Ilyas Hidayatulloh, Noveri Faikar Urfan

Abstract


Masa remaja merupakan fase perubahan menuju dewasa. Dalam fase ini, manusia akan mengalami banyak perubahan dalam dirinya, dimana ia mulai menghadapi banyak hal baru yang belum diketahui sebelumnya. Sehingga saat ini banyak kehidupan remaja yang dijadikan sebagai bentuk penyampaian pesan melalui video klip untuk memperlihatkan realitas sosial yang terjadi pada usia remaja. Maka dari itu penelitian ini memiliki permasalahan pada representasi kepolosan wanita yang dibentuk dalam video klip JKT48 “Benang Sari, Putik, dan Kupu-Kupu Malam”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana representasi kepolosan seorang wanita yang direpresentasikan di dalam video klip video klip tersebut, yang mengususng permasalahan para remaja yang dikemas dengan visualisasi video klip yang menarik. Metode penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa video klip tersebut menunjukan representasi kepolosan seorang wanita dari visualisasi yang diinterpretasikan kedalam bentuk video klip. Video klip tersebut merepresentasikan kepolosan seorang wanita yang memiliki rasa penarasan, mudah terpengaruh atau dipengaruhi, dan kurang bijak dalam mengambil keputusan yang dapat dilihat dari adegan visual yang dibentuk dalam video klip. Kata kunci: Remaja, Representasi, Semiotika, Video Klip

Full Text:

PDF

References


Agnia, H., & Dasalinda, D. (2022). Hubungan Efikasi Diri dengan Pengambilan

Keputusan Karir Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sukakarya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 5(8), 2749–2755.

Apriyeni, E., Machmud, R., & Sarfika, R. (2019). Gambaran konflik antara remaja dan

orang tua. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 4(1), 52–57.

Mulyana, D. (2018). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Edisi Revisi 2018). PT Remaja

Rosdakarya Offset Bandung, 92-94.

Mutiara, D. (2022). Dekonstruksi Stereotip Maskulin Iklan Produk Kosmetik Dalam

Video Iklan Ms Glow for Man# Semuajugabisa. Medium, 10(1), 214–234.

Prasetyo, A., & Junaedi, F. (2020). Representasi Identitas Muslimah dalam Iklan

Televisi Sunsilk, Wardah dan Emeron. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi,

(2), 203–218.

Pratama, M. R. R., & Winduwati, S. (2021). Aktivitas Interaksi Parasosial Penggemar

Kepada Idola (Studi Deskriptif Kualitatif pada Wota dan Woti Penggemar JKT48

di Jabodetabek). Koneksi, 5(1), 133–138.

Purwaningtyas, F. D. (2020). Pengasuhan permissive orang tua dan kenakalan pada

remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 1–7.

Safitri, M. (2021). Pengaruh Masa Transisi Remaja Menuju Pendewasaan Terhadap

Kesehatan Mental Serta Bagaimana Mengatasinya. Jurnal Pendidikan Ilmu

Sosial, 30(1), 20–24.

Setiawan, N. D., & Wahyuningsih, S. (2021). Representasi Surealisme Pada Video Klip

Lagu Man Upon The Hill Karya Stars And Rabbit. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu

Komunikasi, 20(1), 110–128.

Utomo, G. P. (2023, March 15). JKT48 Rilis Video Lagu Baru Benang Sari, Putik, dan

Kupu-Kupu Malam, Kenapa Banjir Kritikan? Style.Tribunnews.Com.

Wahyuningratna, R. N., & Putri, R. L. M. B. (2023). Representasi Konflik Sosial Remaja

Dalam Mv Tomorrow X Together “0x1= Love Song (I Know I Love You)”:(Kajian

Semiotika Roland Barthes). EKSPRESI DAN PERSEPSI: JURNAL ILMU

KOMUNIKASI, 6(2), 304–316.

Zuhaira, S. (2021). Representasi Perempuan Dalam Video Klip Girlband Korea

(Analisis Semiotika Video Klip Dalla Dalla Dari Girlband Itzy). Mediakita, 5(2),

–186.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.615-621

Article Metrics

Abstract view : 1371 times
PDF - 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.