Pengaruh Kepemimpinan Perempuan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Ike Rachmawati, Fitri Nuraeni, Ridha Ayu Lestari, Richan Rifalzah

Abstract


Kepemimpinan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menggerakkan orang lain dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing untuk mencapai tujuan dan cita-cita bersama. Kepemimpinan, tidak mungkin bisa terlepas dari individu yang berperan sebagai pemimpin itu sendiri. Begitu pula dengan hadirnya pemimpin baru yang di universitas Muhammadiyah sukabumi, rektor perempuan pertama yang memimpin universitas Muhammadiyah sukabumi. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian kami saat melakukan penelitian yaitu ada penurunan mahasiswa aktif saat pergantian kepemimpinan khususnya di program studi administrasi publik, hal itu menjadikan peneliti ingin mengangkat salah satu permasalahan yang terjadi dilapangan sebagai masalah dalam penelitian yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif karena data diperoleh dalam bentuk angka dan diolah melalui analisis statistik. Dalam penelitian penulis mengambil sampel strata random sampling, yang di fokuskan kepada mahasiswa/mahasiswi jurusan Administrasi Publik yang ada di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Hasil koefisiensinya rendah hanya 4,5% , artinya peran kepemimpinan perempuan di universitas Muhammadiyah Sukabumi memiliki potensi untuk mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, namun dalam penelitian ini tidak terdapat pengaruh besar yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor lain mungkin juga turut berperan dalam motivasi belajar mahasiswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.454-457

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.