Efektivitas Penerapan E-Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padangsidimpuan

Natalia Parapat, Yessi Siregar, Rahmat Haris Saputra, Irna Ruqaiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan e-government dan seberapa efektif penerapan e-government dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan e-government dalam pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Padangsidimpuan menggunakan aplikasi yang bernama Salak (Sistem Aplikasi Layanan Administrasi Kependudukan). Namun adanya aplikasi salak ini belum berpengaruh besar dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, hal ini terlihat dari jawaban sebagian responden pada setiap aspek pertanyaan yang mengaku belum merasakan pelayanan yang optimal. Karena tetap saja sebagian besar responden masih mengikuti pelayanan konvensional at au tatap muka langsung untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan. Dari hasil perhitungan diperoleh rxy atau harga rhitung sebesar 0,992. Untuk jumlah populasi sebanyak 100 orang, dengan taraf signifikan 5% maka r tabel 0,194 Berdasarkan ketentuan tersebut dapat dilihat bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,992 > 0,194, maka dapat dikatakan hipotesis dapat diterima kebenarannya, artinya penerapan e-government dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padangsidimpuan belum efektif

Full Text:

PDF

References


Harbani, P. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. CV. Alfabeta.

Lia, M., & Shofwan, H. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-government dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus ; Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11, 101–112.

Nila Kurnia Wati. 2021. Tipologi Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kota Tangerang Selatan di Masa Pandemi. Jurnal of Government-Jog (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), Vol 6 No 2, hal 95.

Nugraha, J. T. (2018). E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, Vol.2, No.1, 32–42.

Nugraha, Joko Tri. 2018. E-government dan Pelayanan Publik EGovernment di Pemerintah Kabupaten Sleman. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 2.1. hlm 32-42.

Pratiwi, C. S. 2018. Implementasi E-Government pada Situs Web Pemerintah Menuju Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Open Government Di Provinsi Jambi. Jurnal Khazanah Intelektual, 2(1), hlm 109–126.

Sellang, Kamaruddin, Jamaluddin, & Mustanir, A. (2019). Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik (Issue August). Qiara Media Partner.

Sinambela, L.P 2010 Reformasi pelayanan publik, Teori kebijakan, implementasi, cetakan kelima, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sinambela, L.P 2014. Reformasi pelayanan publik, Jakarta, PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitas dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yasti, Nursah, D. (2020). Kualitas Pelayanan Melalui Penerapan Elektronic Government Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019. Universitas Muhammadiyah Mataram.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.385-388

Article Metrics

Abstract view : 611 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.