Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Politik
Abstract
Pendidikan politik sebagai upaya yang disengaja untuk memengaruhi individu agar lebih aktif dalam perjuangan politik dan memiliki tanggung jawab etis yang tinggi dalam kegiatan politiknya. Saat ini, pelaksanaan pendidikan politik pada masyarakat umum cenderung kurang efektif,sehingga masih banyak siswa yang belum paham konsep Pendidikan politik. Tujuan penelitan ini adalah mendeskripsikan pndekatan guru PAI dalam mengajarkan Pendidikan politik bagi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokmentasi. Teknik analisis data yang menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pendekatan guru PAI dalam mengajarkan Pendidikan politik meliputi Guru dapat mengintegrasikan nilai-nilai Islam seperti keadilan, kejujuran, tanggung jawab sosial, dan partisipasi dalam pengajaran tentang politik. Guru dapat mengajak siswa untuk menganalisis isu-isu politik kontemporer dari perspektif Islam. Menggunakan sumber-sumber seperti Al-Qur'an, Hadis, atau kisah-kisah dari sejarah Islam yang relevan untuk menjelaskan konsep politik dan pemerintahan dalam Islam. Mendorong siswa untuk berdiskusi, bertukar pendapat, dan berpartisipasi dalam debat terbuka tentang isu-isu politik yang relevan dengan mengintegrasikan perspektif Islam. Mengajak siswa untuk terlibat dalam proses politik secara positif, seperti pemahaman tentang pentingnya hak suara, memahami proses demokrasi, dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta
Lexy J, Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Rosdakarya
Hendro Puspito. (2007). Sosiologi. Jakarta: Esis.
Suhendra, D. (2016). Analisis Hukum Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Muqodddimah, 1(1), 34–48. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/muqoddimah/article/view/138
Severin, Werner J. and James W. Tankard, Jr. (1988). Communication Theories: Origins, Methods, Uses (2th ed.). New York: Longman Inc.
Abdul Rahim, Sukarno, M. E. W. (2021). VOLUME 6 NO. 1, Januari - Juni 2021. 6(1), 10–25.
Asmika Rahman, S. (2019). Pendidikan Politik melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 33–38. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.2904
Damayanti, A., Siahaan, C., Robertua, V., Sari, I. N., & Narida, M. G. (2019).
Pendidikan Politik Bagi Generasi Milenial di SMA Global Prestasi, Kalimalang, Bekasi Barat. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 70–79. https://doi.org/10.33541/cs.v1i2.1272
Ghony, D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.
Idrus Affandi. (2000). Teori dan Konsep dalam Konteks Pendidikan Politik. Modul Pendidikan Politik, 1–19.
Miles, M. B., dan A. M. H. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press.
Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Sunarso. (n.d.). Pendidikan politik dan politik pendidikan urgensinya bagi sebuah bangsa. Jurnal PKn Dan Hukum, FISE, UNY, 1–9.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.260-264
Article Metrics
Abstract view : 612 timesPDF - 416 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.