Peran Media Sosial sebagai Salah Satu Kekuatan Kampanye Politik pada Pemilihan Presiden 2024

Sitti Nisangi, Ratnia Solihah

Abstract


Pemilu menjadi pilar utama di negara demokrasi. Setiap calon yang bertanding di arena politik ini membentuk strategi kampanye yang matang untuk memenangkan pemilihan umum.  Strategi itu mencakup analisis peta politik, penentuan target pemilih, pembentukan tim kampanye, perumusan strategi kampanye, jejaring, pengorganisasian kampanye, dan pengawalan perolehan suara. Mekanisme kegiatan kampanye terus berubah seiring perkembangan zaman. Kampanye politik di media sosial menjadi tren kampanye di berbagai dunia yang saat ini juga diterapkan di Indonesia. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial bekerja sebagai salah satu kekuatan kampanye politik pada Pemilihan Presiden 2024. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Tulisan ini menyimpulkan bahwa media sosial menjadi kekuatan yang signifikan dalam kampanye politik menjelang Pemilihan Presiden 2024 di Indonesia. Pemanfaatan media sosial sudah digunakan oleh ketiga pasangan calon sebagai alat untuk membangun citra, menyebarkan pesan, dan berinteraksi dengan pemilih dalam memenangkan dukungan. Fenomena buzzer dan hoax terus mewarnai Pemilu dan tantangan ini perlu dicecah dan ditindak dengan regulasi yang tegas terkait kampanye pemilu di media sosial yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga penyelenggara pemilu. 

 

Kata Kunci : Kampanye, Media Sosial, Pemilihan Umum. 

 


References


Achmad, N. M., & Prabowo, D. (2023, November 29). Jubir TKN Prabowo-Gibran: Narasi "Gemoy" "Catchy" untuk Bikin Milenial dan Gen Z Melirik. KOMPAS.com. https://nasional.kompas.com/read/2023/11/29/23212531/jubir-tkn-prabowo-gibran-narasi-gemoy-catchy-untuk-bikin-milenial-dan-gen-z

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1).

Ardha, B. (2014). Social Media sebagai media kampanye partai politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 105-120.

Asshiddiqie, S.H, P. D. J. (2006). PARTAI POLITIK DAN PEMILIHAN UMUM SEBAGAI INSTRUMEN DEMOKRASI. Jurnal Konstitusi, 3(4).

Christvidya, K. P. (2023, October 30). Pengertian Buzzer dan Cara Kerjanya Di Media Sosial. FIMELA. Retrieved December 27, 2023, from https://www.fimela.com/lifestyle/read/5442359/pengertian-buzzer-dan-cara-kerjanya-di-media-sosial?page=2

Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. Revolusi, 1(1).

Hadi, S. (1995). Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta:Andi Offset.

Harahap, I. H. (2020). KAMPANYE PILPRES 2019 MELALUI MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP DEMOKRASI INDONESIA. Komunikologi, 17(1), 1-11.

Hardiantoro, A., & Hardiyanto, S. (2023, December 13). Menilik Gaya Kampanye Bongbong Marcos, Disebut Mirip dengan Joget Gemoy Prabowo Halaman all. Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2023/12/13/213341765/menilik-gaya-kampanye-bongbong-marcos-disebut-mirip-dengan-joget-gemoy?page=all

KPU RI, H. (2023, JUN 23). 55% Pemilih Didominasi Generasi Muda, Bantu KPU Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024. KPU. https://www.kpu.go.id/berita/baca/11684/55-pemilih-didominasi-generasi-muda-bantu-kpu-dalam-penyelenggaraan-pemilu-2024

Mantra, I.B. (2008). Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Perdana, A. (2018). Narasi Kampanye dan Media Sosial dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Jurnal Bawaslu DKI, 21-39.

Rahmadhany, A., Safitri, A. A., & Dr. Irwansyah. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3(1), 30-43.

Sakti, R. E. (2023, December 14). Media Sosial Pengaruhi Pemilih pada Pemilu 2024. Kompas.id. Retrieved December 27, 2023, from https://www.kompas.id/baca/riset/2023/12/14/media-sosial-pengaruhi-pemilih-pada-pemilu-2024

Salabi, N. A. (2022, December 23). Tantangan Kampanye di Media Sosial OLEH NURUL AMALIA SALABI - Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi. Perludem. https://perludem.org/2022/12/23/tantangan-kampanye-di-media-sosial-oleh-nurul-amalia-salabi/

Wahid, M.Si, D. U. (2016). KOMUNIKASI POLITIK : TEORI, KONSEP, DAN APLIKASI PADA ERA MEDIA BARU. Simbiosa Rekatama Media.

Widi, S. (2023, February 2). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.181-189

Article Metrics

Abstract view : 4684 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.