Studi Komparasi: Penerapan E-Government Di Kota Bandung Dan Yogyakarta

Febriyanah Febriyanah, Eka Yulyana, Haura Atthahara

Abstract


Penerapan e-government dilakukan secara massive di daerah Indonesia khususnya Kota Bandung dan Yogyakarta. Kota Bandung memiliki kurang lebih 400 aplikasi yang menunjang percepatan e-government (Pikiran Rakyat). Tidak hanya Kota Bandung yang sukses dalam mengimplementasikan e-government, Kota Yogyakarta pun menerapkan e-government dengan baik. Pada tahun 2011 Kota Yogyakarta mendaptkan penghargaan e-government terbaik kategori kabupaten/kota yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi. Oleh karena itu, dari penjelasan di atas sangat menarik untuk dianalisis, dikaji, dan membandingkan bagaimana perbandingan penerapan e-government di Kota Bandung dan Kota Yogyakarta. Penilitian ini menggunakan metode studi literur yang bersumber pada data sekunder. Hasil Penilitian salah satu jenis e-government yang dimiliki Kota Bandung yakni Salapak, e-Penting, dan New Bimma. Sedangkan jenis e-government yang dimiliki Kota Yogyakarta yakni Dodolan, Sapa Budaya, dan Sistem Informasi Pelatihan. Kedua kota tersebut telah berhasil menerapkan e-government dengan keunggulannya masing-masing, namun dalam hal penerapan tidak terlepas dengan hambatan yakni kedua Kota tersebut memiliki hambatan yang sama seperti masyarakat yang tidak memiliki minat dan kurang memahami penggunaan platform yang telah disediakan serta sosialisasi yang dilakukan pemerintah belum optimal dan massive.


References


Annisaa Nurlaila Imania, T. N. H. (2018). E – Government di Kota Surakarta dilihat dari Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Jurnal Mahasiswa Wacana Publik.

Citra Andita, Fatina Ardelia, Dita Rahmaditiani Junaidi, Muhammad Fatur Rahman, & Mawar. (2022). Perbandingan Implementasi E-Government Antara Jepang Dan Korea Selatan . Saraq Opat : Jurnal Administrasi Publik.

Dea Andriyawan. (2021). 60 UMKM Jempolan Kota Bandung Mejeng di Salapak Dago. Bandung.Bisnis.Com.

Diah Wahyuningsih, & Eko Priyo Purnomo. (2020). Studi Komparasi: Penerapan E-Government Di Korea Selatan Dan Indonesia. Noken, 5.

Diskominfo Kota Bandung. (2023). Tren Pengangguran di Kota Bandung Menurun, Job Fair Bakal Digelar 3-4 Kali. Portal Jabarprovgoid.

Dudung Ridwan. (2023). 10 Kota Terpadat di Indonesia, Urutan 1 Jakarta Timur, Urutan Buncit Sabang, Kota Bandung di Urutan Berapa? Www.Ayobandung.Com.

H Suryo. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Kemandirian Masyarakat. Transformasi.

Kominfo. (2020). Hasil Survei PBB, e-Government Indonesia Naik Peringkat. Kominfo.Go.Id.

Nova Lastriana. (2021). Salapak Micro Shop Wujud Kolaborasi Pulihkan Ekonomi . Bandung.Go.Id.

Instruksi Presiden Nomor 3, Pub. L. No. 3, Pemerinntah Indonesia (2003).

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Public, Pub. L. No. 25, Pemerintah Indonesia (2009).

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, Pub. L. No. 95, Pemerintah Indonesia (2018).

Pemerintah Kota Bandung. (2021). salapak.mikroshop. Pemerintah Kota Bandung.

Peraturan WaliKota Pemerintah Kota Nomor 15 mengenai E-Government, Pub. L. No. 15, Pemerintah Kota Yogyakarta (2015).

Poni Sukaesih Kurniati, Ranti Tri Gislawati, Faiza Nur Safitri, & Arijal Julhaijan Lutpi. (2023). Implementasi Kebijakan E-Government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kota Bandung. Moderat, 9.

Redaksi Berita Bandung. (2023). Launching Aplikasi E-Penting, Pemkot Bandung Targetkan Prevalensi Stunting 14 Persen di Tahun 2023. Berita Bandung.

Rubby Jovan Primananda. (2023). Kota Bandung edukasi masyarakat tekan stunting lewat penayangan film. Antara.

Tomi Sujatmiko. (2023). Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Hadirkan Sapa Budaya. Krjogja.Com.

Verdico Arief. (2023). E-Government di Asia Tenggara: Perbandingan Pengembangan EGovernment di Singapura, Malaysia dan Indonesia. Social Issues Quarterly, 1.

W. Saputra. (2019). Implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Dan Transparansi Pelayanan Publik Di Jawa Timur. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan,.

Winarno Surakhmad. (1986). Metodologi Pengajaran Ilmiah. Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.200-209

Article Metrics

Abstract view : 300 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.