Analisis Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengolahan Ikan Patin Oleh UPT. Dinas Perikanan Kabupaten Kampar

Sahron Sahron, Sylvina Rusadi

Abstract


Pemberdayaan bagi masyarakat berguna sebagai pemicu meningkatnya kesanggupan warga dalam ikut serta pada seluruh agenda yang ada di desa. Hal ini tentunya dapat memberikan perwujudan bentuk pemerintah yang baik karena melibatkan partisipasi warga dengan kerjasama bersama pemerintahan desa dan lembaga masyarakat. UPT Dinas Perikanan Kabupaten Kampar sudah memberdayakan masyarakatnya, namun di dalam mengerjakan kewajiban pemberdayaa tersebut, masih belum terlaksana secara optimal sebagaimana seharusnya. Selain itu, penyaluran pemahaman yang dilaksanakan melalui sosialisasi terkait peranan lembaga masyarakat, masih kurang maksimal.Tujuan riset yang dilakukan yakni guna melihat dan melakukan penganalisisan terkait memberdayakan pengolahan ikan patin pasca panen oleh UPT Dinas Perikanan Kabupaten (Studi di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar) dan hambatan-hambatannya. Metodenya berupa deskriptif dan kualitatif; informan sebanyak 8 orang meliputi Kepala UPT Dinas Perikanan, Kepala Desa dan Warga yang mengikuti penyuluhan. Data dikumpulkan dengan wawancara yang selanjutnya akan dilakukan penganalisisan secara deskriptif dan kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari riset ini adalah pengerjaan perkembangan hasil produk ikan kolam oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar Kecamatan XIII Koto Kampar masih belum berjalan semestinya karena masih kurangnya sosialisasi.


Full Text:

PDF

References


Astuti, T., Katjina, H., Hasan, W. O. A., Setiawan, F., & Safitri, D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembuatan Buket Bunga untuk Menunjang Eksistensi Desa Wisata Banabungi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 4(2), 594–603.

Awang, A. (2010). Implementasi Pemberdayaan Pemerintah Desa.

Kusmana, E., & Garis, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Wilayah Binaan Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(4), 460–473.

Rikantasari, S., Ulya, V. F., Auliya, A., & Fathonah, F. (2023). Pendampingan Pengolahan Jagung Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Kumpulrejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Journal of Community Engagement in Economics, 1(1), 17–28.

Riyansyah, F. (2018). Peran Pemerintah Desa Melalui Program Pemberdayaan Home Industry dalam Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat; Studi Desktiptif Masyarakat Desa Cipedes Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Taliziduhu, N. (2003). Kybernologi (Ilmu Pemerintahan Baru) Jilid 1. Rineka Cipta.

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam pengelolaan keuangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat di distrik abepura jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185.

Totok, M. (2012). Pemberdayaan MAsyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta.

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat; wacana dan praktik. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.301-307

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.