PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONTEN YOUTUBE ARIF MUHAMMAD ‘MAK BETI’
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini merupakan buat mengenali data serta memperoleh informasi tentang Persepsi Masyarakat Terhadap Konten Youtube Arif Muhammad ‘Mak Beti’. Akun youtube Arif Muhammad dengan salah satu channel youtubenya yaitu Mak Beti memiliki banyak subscriber (viewer) yaitu sebanyak 15,7 juta subscriber dan 533 video. Konten yang disajikan berisi tokoh Fiksi bernama Mak Beti. Konten ini rupanya disukai oleh banyak penonton. Tokoh Mak Beti ini dalam percakapannya selalu menggunakan bahasa tersendiri yang cenderung menggunakan dialek yang bercampur dengan bahasa Melayu dan Batak. Melihat fenomena di atas, kami tertarik untuk menelitinya untuk melihat bagaimana konten Mak Beti di mata khalayak berdasarkan kacamata literasi media. Karena konten dan audiens adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konten, Media Sosial, dan literasi media. Informan penelitian ini terdiri dari 7 orang dengan kriteria berusia antara 15 sampai dengan 40 tahun, dengan latar belakang penduduk Kota Medan dan Deli Serdang dan juga pernah menonton konten youtube Mak Beti, dengan hasil penelitian konten video youtube Mak Beti menggunakan bahasa kasar dan kasar. dialek cenderung santun, respon informan ada yang mengatakan hiburan yang menarik, biasa saja, namun ada juga yang mengatakan kurang baik untuk ditonton sehingga diperlukan kebijaksanaan dan kecerdasan semua pihak dalam mengakses dan memproduksi konten youtube tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Afif, Afthonul. 2015. Teori Identitas Sosial. Yogyakarta: UII Press
Aan, Munawar Syamsudin. 2013. Metode Riset Kuantitatif Komunikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional RI. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Efendy, Onong Uchana. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya
Herlina, D. (2019). Literasi Media: Teori dan Fasilitasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Hobbs, R. (2011). Digital and Media Literacy: The Pleasures and Perils of Online Pranking. BePress, University of Rhode Island. Diakses dari https://works.bepress.com/renee hobbs/10/
Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Potter, James. (2011). Media Literacy, Fifth Edition. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publication
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.504-507
Article Metrics
Abstract view : 1360 timesPDF - 427 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.