ANALISIS ETIKA JURNALISTIK DALAM PEMBERITAAN PANDEMI COVID-19 PADA PROGRAM BULETIN WAJAH SUMUT DI METRO TV

Edy Suranta, Rahmanita Ginting, Ribut Priadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberitaan mengenai COVID-19 di media massa yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik pemberitaan COVID-19 yang dikeluarkan oleh dewan pers sehingga berita mengenai COVID-19 jadi dilebih-lebihkan dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Hal tersebut juga terjadi dalam pemberitaan COVID-19 di Program Buletin Wajah Sumut yang ditayangkan dari hari Senin sampai dengan Jumat pukul 13.05. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kode etik jurnalistik dalam pemberitaan pandemi covid 19 pada Program Buletin Wajah Sumut di Metro TV. Hal yang menjadi acuan dalam penelitian ini berdasarkan surat edaran pers mengenai pemberitaan COVID-19 pada media massa. Teori yang digunakan peneliti adalah profesionalisme media, teori media massa dan kode etik jurnalistik. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tim Metro TV yang berkaitan langsung dan bertanggung jawab terhadap berita dan penayangan di program buletin Wajah Sumut yakni tiga informan. Hasil penelitian didapatkan bahwa tim Metro TV telah berusaha menerapkan kode etik jurnalistik dalam setiap pembuatan berita di program buletin Wajah Sumut meliputi naskah, data maupun video mengenai COVID-19. Walaupun demikian kesalahan dan pelanggaran masih terjadi di program buletin Wajah Sumut.

Kata Kunci: Pemberitaan Pandemi, Kode Etik Jurnalistik, COVID-19, Media Massa, Metro TVSumut


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik, Jakarta: Leineka Cipta.

Dewan Pers, 2013. Buku Saku Wartawan, Jakarta: Dewan Pers.

Djuroto, T. 2006. Manajemen Penerbitan Pers, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fitrah, Muhammad dan Luthfiyah, 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Bandung: Jejak.

Ginting, R. (2020, February). Peliputan Bencana Alam oleh Pewarta Foto di Sulawesi Tengah pada September 2018. In Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (Vol. 3, No. 1).

Haryanto, 2017.Pemahaman dan Aplikasi Etika Moral pada Wartawan Media Cetak di Surakarta, Jurnal Program Studi Ilmu KomunikasiUniversitas Sebelas Maret Surakarta.

Indasari, Fera, Anggriani, Ida. 2020. Krisis Komunikasi Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pemberitaan Penyebaran COVID-19 melalui Udara), l Professional FIS UNIVED Vol.7 No.1.

Ishwara, L, 2011. Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Junaedi, Fajar. 2013. Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kusmadi dan Samsuri, 2010. Undang-Undang Pers dan Peraturan Dewan Pers, Jakarta: Dewan Pers

Latif Syaipudin, 2020. " Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung)", Journal Communication, Vol. 2, No. 1

Maheni, Tiyas, Dewi, Sari Puspita dan Haryani, Ade. 2017. Kode Etik Jurnalistik Pada Penulisan Berita Ahok Terkait Pemilukada Dki Jakarta 2017, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Humaniora, Volume 15 Nomor 1.

Masduki, 2004. Kebebasan pers dan kode etik jurnalistik, Yogyakarta : UII Press.

¬_______, 2007.Regulasi penyiaran: dari otoriter ke liberal, Yogyakarta : LKiS.

Meliya, Fitri, 2014. Analisis Penerapan Kode Etik Jurnalistik pada Harian Serambi Indonesia, Jurnal Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP Angkatan VI.

McQuail, Denis, 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution, Z, 2015. Etika Jurnalisme Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Prisgunanto, Ilham, 2017. "Kode Etik Jurnalistik Di Kalangan Wartawan Media Massa Cetak Islam", Jurnal Komunikasi Global, Volume 6, Nomor 2.

Rakhmat, Djalaluddin 2018. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sidarta, G.M, 2012. Berita untuk Mata dan Telinga: Pemahaman Praktis Jurnalistik Televisi, Yogyakarta: Mara Pustaka.

Triyaningsih, Heny, 2020. Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Pamekasan Tentang Virus Corona. Meyarsa Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, Vol. 1 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.471-478

Article Metrics

Abstract view : 1329 times
PDF - 508 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.