Efektivitas Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Transparansi Perekrutan Badan Adhoc Pemilu 2024

Etro Jaya Sinaga, Hertanto Hertanto

Abstract


Transparansi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan public terhadap sebuah lembaga pemerintahan, termasuk lembaga Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lebong. Untuk meningkatkan rasa kepercayaan  public dalam perekrutan Badan Adhoc untuk Pemilu 2024, media social menjadi media untuk melaksanakan transparansi yang dipengaruhi oleh beberapa indikator yang meliputi penyediaan informasi yang jelas, kemudahan akses informasi, adanya suatu mekanisme pengaduan, dan meningkatkan arus informasi melalui kerjasama dengan media massa dan lembaga non pemerintah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektifitas media social yang digunakan terhadap kepercayaan masyarakat terhadap proses seleksi perekrutan Badan Adhoc Pemilu 2024. Informan untuk penelitian ini terdiri dari 20 orang dengan metode penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara dan informasi dari informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media social berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transparansi seleksi perekrutan Badan Adhoc Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Lebong.

Full Text:

PDF

References


Andriani, M. (2019). Pengaruh transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan dana desa (studi pada Desa Luk, Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa). E-Journal Akuntansi FEB Universitas Teknologi Sumbawa, 1(2), 1-13.

Dwiyanto, A. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press.

Harlinda, N. (2019). Optimalisasi Pelayanan Publik Dalam Perspektif New Publick Servicepada Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar.

Irawan, & Nadya. (2015). Peran Penggunaan Media Sosial Facebook Dalam Menjangkau Publik Eksternal Pada Saat Kritis MH370 (Analisis Isi Kualitatif terhadap Facebook Kementrian Pengangkutan Malaysia Selama Periode 8 Maret 8 April 2014). Malang: Universitas Brawijaya.

Jackob, N. G. E. (2010). No alternatives? The relationship between perceived media dependency, use of alternative information sources, and general trust in mass media. International Journal of Communication, 4, 18.

Kidi. (2018). Teknologi Dan Aktivitas Dalam Kehidupan Manusia (Sebuah Tinjauan). Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Provinsi Nusa Tenggara Barat. https://bpsdmd.ntbprov.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Teknologi-dan-aktivitas-dalam-kehidupan-manusia.pdf

Krina, Loina Lalolo. P. 2003. Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi. Sekretariat Good Public Governance Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Jakarta.

Mardiasmo. (2017). Perpajakan Edisi 2017. Andi.

Naomi, P. E., Baraba, R., & Saputra, M. H. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudaha, Kualitas Informasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Berbelanja Secara Online. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1D), pp. 1–12.

Nurmalinda, Y., & Purworini, D. (2022). Pengaruh Instagram Sebagai Media Pemberitaan Covid 19 Terhadap Tingkat Kepercayaan Mahasiswa. Jurnal Common, 6(1), 73-85.

Park, H., & Blenkinsopp, J. (2011). The roles of transparency and trust in the relationship between corruption and citizen satisfaction. International Review of Administrative Sciences, 77(2), 254-274.

Purwandani, Sri;Maesaroh; Rihandoyo. 2010. Analisis Penerapan Egovernment di Kabupaten Pati. Jurnal. Semarang. Universitas Diponegoro. http://download.portalgaruda.org/article.

Reza, E. M. (2018). Transparansi Penggunaan Dana Desa di Kepenghuluan Sekeladi Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Salsabila, O. D., & Kumala, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Transparansi Perpajakan Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Publik (Studi Kasus Wajib Pajak KPP Pratama Cibitung). Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(4), 446-453.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan kepemimpinan Masa Depan. Bandung. PT Refika Aditama.

Simarmata, M. H. (2017). Peranan e-Government dan media sosial untuk Mewujudkan Budaya transparansi dan Pemberantasan Korupsi. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 3(2), 203-230.

Situmorang, B. B., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram# Covid-19 terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Milenial di Jakarta. Koneksi, 5(2), 393-398.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.622-626

Article Metrics

Abstract view : 1959 times
PDF - 874 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.