ANALISIS KOMODIFIKASI ISI MEDIA (KONTEN) BERITA “KETIKA PRESIDEN ‘DIGELITIK’ KRITIK” PADA PROGRAM CATATAN DEMOKRASI TVONE

Yuanda Anshari Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini mengungkap bagaimana komodifikasi berlangsung pada sebuah program media yang mengemas informasi aktual dalam sebuah program yang bermanfaat bagi publik. Berbagai stasiun televisi, baik yang berskala nasional maupun lokal, bersaing satu sama lainnya untuk menarik sebanyak mungkin perhatian pemirsa. Dalam suasana persaingan itu stasiun televisi harus dapat mengelola sumber daya manusia yang dimiliki semaksimal mungkin untuk dapat bersaing. Sajian dalam berbagai program siaran televisi dikemas secara menarik. Begitu juga dengan program siaran talkshow menghadirkan konsep program yang menampilkan satu atau beberapa orang untuk membahas berbagai macam isu yang actual dan penting di Indonesia. Menghadirkan narasumber yang berkompeten dan berpengalaman langsung dengan peristiwa yang diperbincangkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Komodifikasi Isi Media (Konten) Berita “Ketika Presiden ‘Digelitik’ Kritik” Pada Program Catatan Demokrasi TVOne. Berdasarkan permasalahan pada penelitian ini, maka metode penelitian yang digunakan adalah semiotika Model Charles Sanders dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif, yaitu prosedur pemecahan masalah dengan cara menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta – fakta yang telihat, dengan wawancara secara langsung, atau sebagaimana adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komodifikasi konten berita ini berisikan tentang sosial, politik, ekonomi dan bisnis.

 

Kata Kunci: Analisis Komodifikasi, Isi Media (Konten) Berita, Pada Program Catatan

                   Demokrasi Tvone.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfrizall. 2016. Metode Penelitialn Kuallitaltif: Sebualh Upalyal Mendukung Penggunalaln Penelitialn Kuallitaltif Dallalm Berbalgali Disiplin Ilmu. Jalkalrtal: PT. RaljalGralfindo Persaldal.

Alrdialnto, Elvinalro, dkk, 2019. Komunikalsi Malssal Sualtu Pengalntalr. Balndung: Simbiosal Rekaltalmal Medial.

Alrif Budi P. 2019. Alnallisis Semiotikal Film daln Komunikalsi. Mallalng: Intralns Publishing

Baljalri, Altwalr. 2015. Metode Penelitialn Komunikalsi: Prosedur, Tren, daln Etikal. Balndung: Simbiosal Rekaltalmal Medial.

Balnindro, Balskoro Suryo. 2018. KAlPITAl SELEKTAl: Pengkaljialn Seni Rupal, Desalin, Medial daln Budalyal. Yogyalkalrtal: BP ISI Yogyalkalrtal.

Depalrtemen Pendidikaln Nalsionall RI. 2004. Kalmus Besalr Balhalsal Indonesial. Jalkalrtal: Ballali Pustalkal.

Hutalmi, Indral, Yusalnto, Freddy & Nugroho, Caltur. Membedalh Komodifikalsi Isi Pesaln Mini Dralmal Line “Nic Alnd Malr” (Alnallisis Semiotikal John Fiske Terhaldalp Mini Dralmal Line). Jurnall Ilmu Komunikalsi |SIMULAlCRAl Vol.1 No.1, Juni 2018.

Malnggalgal, Indalh Praltiwi. Komodifikalsi Konten Televisi dallalm Perspektif Ekonomi Politik Medial. Jurnall Talbligh Vol. 19 No.2 Desember 2018

Morissaln, Walrdhalni, Alndy Corry daln Halmid U, Falrid. 2013. Teori Komunikalsi Malssal. Cetalkaln ke 2. Bogor: Ghallial Indonesial.

Mudjiyalnto, Balmbalng & Nur, Emilsyalh. Semiotikal dallalm Metode Penelitialn Komunikalsi. Jurnall Penelitialn Komunikalsi, Informaltikal daln Medial Malssal |PEKOMNAlS Vol.16 No.1. Alpril 2013

Muhalmmald, Alrni. 2008. Komunikalsi Orgalnisalsi. Jalkalrtal: Bumi Alksalral.

Mulyalnal, Deddy. 2016. Ilmu Komunikalsi Sualtu Pengalntalr. Balndung: PT. Remaljal Rosdalkalryal

Musthofal, Als’Ald Musthofal. 2012. Komodifikalsi Kemiskinaln oleh Medial Televisi, Jurnall Ilmialh Komunikalsi | MAlKNAl Vol. 3 No. 1, Februalri –Juli 2012.

Nurhaldi, Zikri Falchrul. 2015. Teori-Teori Komunikalsi: Teori Komunikalsi dallalm Perspektif Penelitialn Kuallitaltif. Bogor: Ghallial Indonesial.

Nursallalm. 2017. Metodologi Penelitialn Ilmu Keperalwaltaln: Pendekaltaln Pralktis. (P. P. Lestalri, Ed.) (4th ed.). Jalkalrtal: Sallembal Medikal.

Nurudin. 2017. Pengalntalr Komunikalsi Malssal. Jalkalrtal: PT. Raljal Gralfindo Persaldal.

Perdalnal, Dionni Dital. 2017. Komodifikalsi dallalm Talyalngaln Televisi (Kaljialn Terhaldalp Progralm Indonesial Idol 2014). Jurnall Profesionall FIS UNIVED Vol.4 No.1 Juni 2017.

Roudhonalh. 2019. Ilmu Komunikalsi. Depok: Raljalwalli Pers.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitialn Kuallitaltif. Balndung: Allfalbetal.

Walhyu Wibowo, Indialwaln. 2013. Semiotikal Komunikalsi. Jalkalrtal: Mitral Walcalnal Medial.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.305-312

Article Metrics

Abstract view : 648 times
PDF - 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.