SOSIALISASI KELAS RAWAT INAP STANDAR (KRIS) BAGI MANAJEMEN DAN KARYAWAN RS PERTAMINA BINTANG AMIN (RSPBA) BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

Samino Samino, Riyanti Riyanti, Suwito Suwito, Terry Duet Irianto, Muh Agus Barliyan, Dewi Asnida

Abstract


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) berencana mengubah penerapan manfaat kategori 1, 2, dan 3 di fasilitas kesehatan menjadi kategori standar atau seragam. KRIS JKN sendiri terakreditasi berdasarkan Pasal 23(4) Undang-Undang Skema Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang menyatakan bahwa apabila peserta memerlukan perawatan rumah sakit maka akan diberikan berdasarkan kategori standar. Rumah sakit harus siap menerima implementasi KRIS JKN dan diharapkan mampu mengembangkan rencana strategis seperti manajemen tarif, pembiayaan, kepegawaian dan fasilitas yang diperlukan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan standar KRIS kepada para manajer dan staf RS Pertamina Bintang Amin. Metodenya terdiri dari pertanyaan, presentasi, diskusi dan tanya jawab untuk pra-ujian dan untuk mengikuti pasca-ujian. Berdasarkan hasil pre-test proporsi informasi dengan frekuensi informasi buruk sebesar 26,7%, dengan frekuensi informasi baik sebesar 73,3%. Informasi tentang hasil post test naik menjadi 100 persen. Berdasarkan uji-t diketahui bahwa sig. (2 sisi) 0,003 < 0> t tabel 2,0452 maka dapat disimpulkan HO ditolak dan Ha diterima. Dari sini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara sikap sebelum dan sesudah tes, yang berarti bahwa sosialisasi KRIS memiliki efek pengetahuan pada manajemen dan staf RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung.

Keywords


sosilisasi, BPJS, KRIS, JKN

Full Text:

PDF

References


BPJS. (2004). UU RI No. 40 Tahun 2004 Sistem Jaminan Sosial Nasional. BPJS Kesehatan RI, 1–16. Retrieved from http://www.komnasham.go.id/sites/default/files/dokumen/UU NO 39 TAHUN 1999 HAM_0.pdf

BPJS. (2019). Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan. Retrieved January 11, 2023, from https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/pages/detail/2014/12

BPJS. (2022a). Sarana Prasarana Prima, Mimpi Implementasi KRIS di Masa Depan. Retrieved from https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2022/2314/Dirut-BPJS-Kesehatan-Sarana-Prasarana-Prima-Mimpi-Implementasi-KRIS-di-Masa-Depan

BPJS. (2022b). Tingkatkan Mutu Layanan, BPJS Kesehatan Kembangkan Sistem Pembayaran Telemedicine. Retrieved January 11, 2023, from https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2022/2315/Tingkatkan-Mutu-Layanan-BPJS-Kesehatan-Kembangkan-Sistem-Pembayaran-Telemedicine

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan RI. (2022). Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomo HK.02.02/I/1811/2022 Tentang Petunjuk Teknis Kesiapan Sarana Prasarana Rumah Sakit Dalam Penerapan Kelas Rawat Inap Standar Jaminan Kesehatan Nasional. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–21. Retrieved from https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/fileunduhan_1661758868_683827.pdf

Hartati, S. (2018). The Effect of Anemia Counselor on the Compliance of Primipara Mothers Consuming Fe Tablets at Pasukarsa Healt Center Pemalang Regency, 7–20. Retrieved from http://repository.unimus.ac.id/2068/3/BAB II.pdf

Kemenkes RI. (2021). Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, (47), 1–21. Retrieved from https://persi.or.id/wp-content/uploads/2021/03/materi_diryan_rujukan_pp472021.pdf

Sbbkab. (2022). Perlukah ? Penghapusan Kelas I, 2 dan 3 dengan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) BPJS Kesehatan. Retrieved January 1, 2023, from https://sbbkab.go.id/perlukah-penghapusan-kelas-i-2-dan-3-dengan-kelas-rawat-inap-standar-kris-bpjs-kesehatan/

Suharmiati, Handayani, L., & Kristiana, L. (2012). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keterjangkauan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Daerah Terpencil Perbatasan di Kabupaten Sambas (Studi Kasus di Puskesmas Sajingan Besar) (Factors Influence Accesibility of Health Services at a Remote and Border Health Servi. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, Vol. 15(No. 3), 223–231. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications-test/21346-faktor-faktor-yang-memengaruhi-keterjang-cdf92541.pdf

Widjajarta, D. M. (2011). Hak dan Kewajiban Tenaga Kesehatan. Jurnal Keperawatan, 1–85. Retrieved from https://bphn.go.id/data/documents/pkj-2011-3.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.691-697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.