PEMBUATAN BATIK ECOPRINT DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN TAMAN WISATA TANJUNG MAS, DESA BOGOREJO

Toto Gunarto, Rr Erlina, Resha Moniyana Putri, Arivina Ratih, M Husaini

Abstract


Keberadaan BUMDes berfungsi sebagai motor penggerak perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan kehadiran BUMDes diharapkan desa menjadi lebih mandiri dan mensejahterakan masyarakat. BUMDes Tridaya Berdikari adalah BUMDes yang dimiliki oleh Desa Bogorejo Kabupaten Pesawaran yang sedang mencoba untuk mengembangkan usaha taman wisata yang di bernama Taman Wisata Tanjung Mas.  BUMDes yang merupakan salah satu harapan Desa Bogorejo untuk selalu Produktif dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Desa terus melalukan berbagai upaya pengembangan usaha. Dari analisis situasi dan survey awal ke Desa Bogorejo khususnya BUMDes Tridaya Berdikari diperoleh identifikasi permasalahan yaitu BUMDes membutuhkan pembinaan dalam meningkatkan manajemen operasional peengelola , pembuatan perencanaan usaha, dan produk pendukung  dalam menjalankan usaha Taman Wisata Tanjung Mas. Sehingga solusi yang ditawarkan dalam pelaksaan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat adalah , pertama memberikan edukasi dan  peningkatan kapasitas manajemen operasional Pengurus , kedua memberikan  edukasi untuk membuat  perencanaan Stratejik dalam Pengembangan Taman  Tanjung Mas yang  terukur  dan ketiga adalah melakukan pelatihan/ praktik pembuatan batik ecoprint sebagai produk ramah lingkungan dan mudah untuk di aplikasikan  yang dapat dijadikan oleh- oleh maupun daya Tarik wisatawan di Taman Wisata Tanjung Mas.


Keywords


BumDes, Ecoprint, Bogorejo

Full Text:

PDF

References


Cholilawati, C., & Suryawati, S. (2022). Peningkatan Minat Pada Produk Tekstil Ramah Lingkungan Melalui Pelatihan Pembuatan Ecoprint. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 124-129.

Ihsan, A. N., & Setiyono, B. (2018). Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Lentera Sebagai Penggerak Desa Wisata Lerep. Journal of Politic and Government Studies, 7(04), 221-230.

Puspitasari, D., & Dewandini, S. K. R. (2021). Peningkatan Usaha Bumdes “Maju Makmur” di Desa Balerante Melalui Pendampingan Kelompok Tani Kopi di Taman Wisata Ledok Balerante. In Prosiding Seminar Nasional Karya Pengabdian (SNKP)

Saptutyningsih, E., & Kamiel, B. P. (2020). Mendorong Ekonomi Kreatif Melalui Produk Ecoprint Melalui Pemanfaatan Potensi Alam di Dukuh Glugo Bantul. Warta LPM, 24(1), 145-158.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1668-1673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.