PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI HELLO ENGLISH UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA-SISWI SMKS BUDI DHARMA DUMAI

Andi Idayani, Ahmad Yani, Khulaifiyah Khulaifiyah, Betty Sailun, Andes Fuady Dharma Harahap

Abstract


Kosa kata merupakan hal mendasar dalam belajar bahasa Inggris. Semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang maka akan semakin paham dalam memahami suatu kalimat. Berdasarkan hasil observasi dan interview dengan guru Bahasa Inggris disekolah tersebut, disampaikan bahwa tantangan yang dihadapi oleh siswa/i yang telah tamat adalah kemampuan bahasa Inggris yang kurang sehingga belum bisa bersaing didunia kerja terutama pekerjaan diperusahaan swasta/asing yang menuntut mereka untuk menguasai bahasa Inggris baik lisan dan tulisan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdian memberikan solusi dengan memberikan pendampingan penggunaan aplikasi Hello English yang menghadirkan fitur untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Metode pelaksanaan pengabdian yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap monitoring dan evaluasi. Adapun hasil dari pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan di SMKS Budi Dharma Dumai adalah seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pendampingan mulai dari sesi pertama penjelasan aplikasi Hello English, kemudian sesi kedua praktek penggunaan aplikasi dan sesi terakhir diskusi dan tanya jawab. Peserta termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris karena aplikasi Hello English mudah digunakan dan tidak menggunakan kuota yang banyak. Kegiatan Pengabdian ini berkelanjutan dengan terus berkomunikasi dengan guru Bahasa Inggris terkait perkembangan siswa siswi dalam penggunaan aplikasi Hello English sebagai media pembelajaran dikelas maupun diluar kelas.

Keywords


Hello English, Kosa kata Bahasa Inggris, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amalia, Devi. 2016. “Persepsi Siswa Terhadap Aplikasi Mobile 'Hello English' Sebagai Media Untuk Meningkatkan Bahasa Inggris,” no. Juli: 1-23.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Berliani, Normandita Adventina, dan Caroline Victorine Katemba. 2021. “Seni Meningkatkan Kosakata Melalui Teknologi.” Jurnal Cerdas 7 (1): 35–45. https://doi.org/1052657/js.v7i1.1340.

Brown; HD 2003. Penilaian Bahasa: Prinsip dan Praktik Kelas. New York: Pendidikan Pearson.

Butarbutar, Ranta, dan Elia Simatupang. 2020. “Dampak Teknologi Aplikasi Hello English di Efl Classroom.” Bahasa: Jurnal Bahasa dan Budaya 8 (2): 11. https://doi.org/10.24843/ljlc.2019.v08.i02.p03.

Creswell, John W. 2012. Penelitian Pendidikan.

Fajiani, ulfiah. 2020. “Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Siswa Menggunakan Aplikasi Hello English,” 81.

Ginting, Rita Seroja B R. 2019. “Pengaruh Aplikasi Hello English Terhadap Penguasaan Kosakata Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris VIII Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.”

Grab, William. 2012. “Pemahaman Kosakata dan Membaca.” Membaca dalam Bahasa Kedua. https://doi.org/10.1017/cbo9781139150484.018.

Harmer, J. 2015. "Praktek Pengajaran Bahasa Inggris." Boletín Científico de Las Ciencias Económico Administrativas Del ICEA 3 (6): 1-4. https://doi.org/10.29057/icea.v3i6.137.

Hasram, Syafiqah, Belvinna Kaur, dan Ajaib Singh. 2021. “Strategi Pembelajaran Kosakata Pembelajar Bahasa Yang Baik Dari An” IX (Ii). https://doi.org/10.31364/SCIRJ/v9.i02.2021.P0221843.

Hidayanti, T & Dian, S. 2019. Motivasi siswa belajar bahasa inggris menggunakan aplikasi mobile: kasus duolingo dan hello english.

Hornby. 2005. Oxford Edvanced Learner's Dictionary of Current English Edisi Ketujuh. New York: Pers Universitas Oxford.

I. Libriana, K. Salija, M. Basri Jafar. 2020. “Penerapan Hello English dalam Pengajaran”, no. 2008.

Kadwa, Mohammed Siddique, dan Hamzah Alshenqeeti. 2020. “Jurnal Internasional Linguistik, Sastra dan Terjemahan (IJLLT) Dampak Kemahiran Siswa dalam Bahasa Inggris pada Kursus Sains dalam Program Foundation Year.” Jurnal Internasional Linguistik, Sastra dan Terjemahan (IJLLT) 3 (11): 55–67. https://doi.org/10.32996/ijllt.

Mardalis. 2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Diedit oleh Bumi Aksara. Jakarta.

Marsudi dan Darsono H. 2010. Panduan Praktis Tata Bahasa Inggris. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Mccharty dan O'Dell. 1999. Elemen Kosakata Bahasa Inggris. Bahasa. Jil. 74. https://doi.org/10.2307/417952.

Nagy, W. 2005. "Mengapa Instruksi Kosakata Perlu Jangka Panjang dan Komprehensif." Dalam Pengajaran dan Pembelajaran: Membawa Penelitian ke Praktek, 27–44. Mahwah: NJ: Lawrence Erlbaum.

Nandhini, G. 2020. “Seni Belajar Kosakata Menggunakan Teknologi dan Aplikasi Bahasa Dengan Fokus Khusus pada Memrise.” Ijrar 7 (2).

Nugroho, BS, FD Nafasya, N Nurshanya, dan ... 2021. “Implementasi Aplikasi Hellotalk Dalam Pengajaran Kosakata Pada Anak Muda.” Menghubungkan ..., tidak. 2015: 2017–22. https://jurnal.unsur.ac.id/cp/article/view/1360.

Putra, I. Dewa Gede Rat Dwiyana, Ali Saukah, Yazid Basthomi, dan Enny Irawati. 2020. “Penerimaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Hello English lintas Gender dan Perbedaan Pengalaman.” Jurnal Internasional Teknologi Berkembang dalam Pembelajaran 15 (15): 219–28. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i15.11077.

Respati, Hastri Raras, Muhammad Rauuf, dan Oktavian Nur. 2019. “WORD OF THE DAY DI KAMUS . COM Bagaimana Guru Masa Depan Membantu Siswa dalam Pembelajaran Kosakata? Kosakata” 3 (2013): 101–8.

Rowe, Meredith L., Stephen W. Raudenbush, dan Susan Goldin-Meadow. 2012. "Laju Pertumbuhan Kosakata Membantu Memprediksi Keterampilan Kosakata Nanti." Perkembangan Anak 83 (2): 508–25. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2011.01710.x.

Schmitt, Norbert. 2008. Artikel Tinjauan: Pembelajaran Kosakata Bahasa Kedua yang Diinstruksikan. Penelitian Pengajaran Bahasa. Jil. 12. https://doi.org/10.1177/1362168808089921.

Shofi Nur Jannah. 2020. “Halo Aplikasi Bahasa Inggris Sebagai Perangkat Pendukung Bahasa Inggris.”

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Watkins; P. 2014. Belajar Mengajar Bahasa Inggris. Peaslake: Penerbitan Delta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.337-346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.