PENDAMPINGAN PENENTUAN BIAYA PRODUKSI DAN HARGA JUAL PRODUK KERTAS DAUR ULANG PADA USAHA KREATIF SKALA MIKRO

Gista Rismayani, Yeni Fitriani Somantri, Intan Rahayu, Setyo Wati, Uney Nurmaya, Osa Sri Azzahra, Silpa Fauziah, Wulan Herlina, Ernawati Ernawati, Erli Dwi Rizki

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan teknologi tepat tuna perhitungan harga pokok produksi dalam menentukan harga jual produk daur ulang dengan  bahan baku kertas yang telah di daur ulang dengan menggunakan metode full costing dan job order costing. Selain itu, pemberian edukasi pada generasi Z milenial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis untuk lebih mencintai lingkungan dengan berkreasi secara ramah lingkungan, sehingga menciptakan karakter yang cageur, bageur, pinter, bener, tur singer dengan penerapan akuntansi biaya dan akuntansi lingkungan.  Metode pelaksanaan pada pengabdian ini adalah mengklasifikasikan BBB, BTKL, dan BOP pada hasil pembuatan kertas daur ulang dan hasil produk kertas daur ulang untuk menentukan HPP. Tahapan selanjutnya adalah menentukan harga jual dengan margin yang diinginkan oleh mitra pengabdian serta membandingkannya dengan harga pasar.


Keywords


cost accounting, environmental accounting, full costing, recycled paper, recycled waste

Full Text:

PDF

References


Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah

Suartana, I W. 2010. Akuntansi Lingkungan dan Triple Bottom Line Accounting: Paradigma Baru Akuntansi Bernilai Tambah. Jurnal Bumi Lestari, Volume 10 No. 1, Februari 2010, hlm. 105-112.

https://sipsn.menlhk.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.469-475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.