PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PAUD MELALUI KEGIATAN PARENTING KEMITRAAN BERBASIS POTENSI LINGKUNGAN DI KELURAHAN GADING KASRI KECAMATAN KLOJEN

Sri Wahyuni, Endang Sri Redjeki, Rezka Arina Rahma, Carolina Shofia Rachmawati, Azzaroh Swaibatul I. A.

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru yang tentunya menimbulkan beberapa permasalahan. Pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kurikulum merdeka di PAUD bermakna sebagai merdeka bermain, tetapi masih banyak lembaga PAUD yang kurang memanfaatkan potensi lingkungan untuk tempat bermain anak-anak, diataranya 2 lembaga PAUD di Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen Kota Malang. Gagasan tentang parenting kemitraan berbasis potensi lingkungan ini, diharapkan dapat membantu pengelola dan guru PAUD untuk menjalin kemitraan dengan berbagai elemen di sekitar lembaga, untuk mengimplementasikan kurikulum Merdeka yang mengutamakan project based leraning. Sasaran kegiatan pendampingan ini adalah 2 lembaga PAUD di Kelurahan Gading Kasri yaitu TK Aisyiyah 24 dan TK Muslimat NU. Kegiatan pengabdian ini akan melibatkan secara aktif semua pengelola, guru, dan orang tua wali murid

Keywords


kurikulum merdeka, pengasuhan, SDGs

Full Text:

PDF

References


Lazuardi, N.A, Rahmadi, F.A. 2016. “Hubungan Perkembangan Kemampuan Kognitif Adaptif Dengan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal.” Jurnal Kedokteran Diponegoro 5(4): 1354–63. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/medico.

Mahfuddin. 2016. .. “.. Hubungan Perkembangan Kemampuan Bahasa Dengan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal.” Jurnal Kedokteran Diponegoro 5(4): 287–297. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/medico

Setyaningrum, Sari Rahayu, Triyanti Triyanti, and Yvonne Magdalena Indrawani. 2014. “Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak.” Kesmas: National Public Health Journal: 243. http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v0i0.375.

Veronica, Nina. 2018. “Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 49. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939.

Vidya, Henny, and Surya Mustikasari. 2019. “HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KEMANDIRIAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA PRASEKOLAH DI TKIT PERMATA MULIA DESA BANJARAGUNG KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO.” Nurse and Health: Jurnal Keperawatan 7(1): 51. http://dx.doi.org/10.36720/nhjk.v7i1.33.

Wahyuni, Sri. 2016. “Strategies to Enhance Early Childhood Education Institution Selling Point.” Journal of Social Sciences (COES&RJ-JSS) 5(4): 523–39. http://dx.doi.org/10.25255/jss.2016.5.4.523.539

Wahyuni, Sri. 2019. Excellent Service Dimension from the Early Childhood Education Institute. Journal of Nonformal Education. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/20347. Vol 5 Nomor 2 hal 1-12 Tahun 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.265-271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.