PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING BERBASIS SYARIAH PRODUK ANYAMAN BAHAN BAKU TANAMAN RESAM DESA MARO SEBO, JAMBI

Rafiqi Rafiqi, Riski Hernando, Hendriyaldi Hendriyaldi, Fitri Widiastuti, Dwi Hastuti

Abstract


Resam atau paku andam merupakan jenis paku yang biasa tumbuh pada tebing-tebing tepi jalan di pegunungan dan tumbuhnya menjalar. Siapa sangka tumbuhan resam yang dapat menggangu terhambatnya pertumbuhan tumbuhan lain kini bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku dalam pembuatan kerajinan anyaman. Adapun tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Desa Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi, Jambi ini tidak lain adalah melaksanakan pelatihan dan pendampingan dalam aspek pemasara berbasis digital marketing syariah serta inovasi branding. Dari aspek digital marketing syariah dilaksanakan pendampingn dan membangun mindset mitra untuk menjadi pelaku bisnis harus mengikuti perkembangan teknologi serta strategi dalam meningkatkan penjualan yang sesuai dengan syariah Islam mengutamakan nilai-nilai akhlak dan etika moral. Dari aspek branding, tim mencoba dalam memperkuat branding produk anyaman resam dengan melakukan inovasi agar mendapatkan nilai tambah dari produk dan bisa menembus pasar tidak hanya dikenal di Desa saja, tetapi sudah bisa di kenal oleh masyarakat di luar Desa Maro Sebo Kabupten Muaro Jambi, Jambi.


Keywords


Digital Marketing, Syariah, Strategi Marketing

Full Text:

PDF

References


Ali, M., Abitolkha, A. M., Sujatmika, A. R., & Maida, A. (2022). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Kreatif dalam Inovasi Kerajinan Anyaman Pandan di Karanggebang, Munungkerep, Kabuh, Jombang. EBA Journal: Journal Economic, Bussines Dan Accounting, 1(1), 77–82.

Amin, S., Setiawati, R., Widiastuti, F., Raf, M., & Machpudin, A. (2021). Menstimulasi Para Ibu Anggota Kelompok Pengajian Menjadi Startup. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 38–44.

Cuciana, T. (2021). Analisis Pengembangan Produk Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan UD. Widagdo Rahayu Pacitan. IAIN PONOROGO.

Daulay, H. (n.d.). Keanekaragaman jenis tumbuhan dan pengetahuan Masyarakat Desa Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara sebagai obat dan kerajinan tangan. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah ….

Fahrizal, M. (2017). Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu Oleh Masyarakat Di Desa Labian Ira’ang Dan Desa Datah Diaan Di Kabupaten Kapuas HulU. Jurnal Hutan Lestari, 5(1).

Fahruddin, M. R. (2022). Analisis Pemasaran Pada Apotek Fachri Pekanbaru dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Prespektif Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sutlan Syarif Kasim Riau.

Hasan, M., & Azis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: Pustaka Taman Ilmu.

Hidayat, D. C., & Maryani, R. (2019). Analisis Kelayakan Potensi Ekowisata Air Terjun Riam Jito Di Kecamatan Kembayaran, KABUPATEN SANGGAU, KALIMANTAN BARAT (Feasibility analysis on potential ecotourism of Riam Jito Waterfall in Kembayan District, Sanggau Regency, West Kalimantan). Jurnal Penelitian Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Journal of Watershed Management Research), 3(1), 59–78.

Lendriyono, F., Ambarwati, T., & Fuadiputra, I. R. (2021). Pendampingan Usaha Ekonomi Kreatif pada Desa Wisata Pujon Kidul. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(01).

Nikijuluw, V. P. H. (2001). Populasi dan sosial ekonomi masyarakat pesisir serta strategi pemberdayaan mereka dalam konteks pengelolaan sumberdaya pesisir secara terpadu. Bogor (ID): Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir Dan Lautan, Institut Pertanian Bogor.

Praditha, O. (2018). Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Buah Naga Di Ud. Naga Jaya Makmur Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. University of Muhammadiyah Malang.

Pratiwi, N. P. A., & Indrajaya, I. G. B. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Serta Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Bali. Buletin Studi EKonomi, 220–233.

Sugiarto, I. (2022). Metodologi penelitian bisnis. Penerbit Andi.

Syukur, M. (2017). Kerajinan Tangan Hasil Pengolahan Tumbuhan Hutan Oleh Masyarakat Desa Nibung Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. PIPER, 13(24).

Wirakusuma, R. M. (2014). Analisis kegiatan ekonomi kreatif di kawasan wisata bahari Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 11(1), 49–58.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3816-3821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.