PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BAGI GURU SMA PONDOK PESANTREN BAYT AL-HIKMAH

Kusumawati Dwiningsih, Dina Kartika Maharani, Dian Savitri, Aiza Alya, Ilo Isaloka, Muhammad Danu Erlangga

Abstract


Kurangnya ketersediaan dan rendahnya kemampuan guru untuk menyusun Perangkat Pembelajaran Berorientasi Project Based Learning (PjBL) dan Berbasis Kurikulum Merdeka sebagai sumber belajar peserta didik di masa pemulihan pembelajaran pasca pandemi yang menyebabkan kemauan peserta didik untuk belajar mengalami penurunan, peserta didik tidak bersungguh-sungguh dalam belajar karena terbiasa menggunakan internet sebagai sumber belajar. Program yang dapat dijalankan dengan guru yang tergabung dalam Guru SMA Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah sebagai mitra dan tim pelaksana PPM–PKM adalah perlunya peningkatan kompetensi guru terhadap pemahaman, keterampilan, dan kecakapan dalam menyusun perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Metode yang digunakan pada pengabdian ini meliputi 1) Persiapan, 2) Penulisan, 3) Pelaksanaan Pelatihan, 4) Tahap Monitoring dan Evaluasi, dan 5) Publikasi. Kegiatan ini memiliki target yang ingin dicapai yaitu meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang Berorientasi Project Based Learning (PjBL) dan Berbasis Kurikulum Merdeka. Indikator keberhasilan kegiatan ini meliputi 1) Penugasan Pembuatan Perangkat, 2) Hasil Angket Respon, 3) Tingkat Kehadiran Peserta, dan 4) Kelengkapan Penugasan.


Keywords


perangkat pembelajaran, project based learning, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R., Side, S., & Alimin. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas MS SMAN 3 Lau Maros (Studi pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia). Jurnal Chemica, 15(2), 66–76. https://doi.org/10.35580/chemica.v15i2.4593

Asmarawati, E. (2022). Implementation Of The Independent Curriculum In Mathematics Learning For Class X Vocational School In The Administrative City Of East Jakarta. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(5), 1915–1919. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i5.487

Ayu, D. R., Wahjoedi, & Lisa, R. (2022). Design and Implementation of Economics Teaching Module Based on Discovery Learning, Its Effect on Students’ Critical Thinking Ability. 2(1), 93–104.

Herga, N. R., Cagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual laboratory in the role of dynamic visualisation for better understanding of chemistry in primary school. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3), 593–608. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1224a

Hulu, G., & Dwiningsih, K. (2021). Efektivitas LKPD Berbasis Blended Learning Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Melatih Visual Spasial Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 319. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2953

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Berorientasi Blended Learning Pada Materi Asam Basa. Jkpk (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171–182.

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586

Maatuk, A. M., Elberkawi, E. K., Aljawarneh, S., Rashaideh, H., & Alharbi, H. (2022). The COVID-19 pandemic and E-learning: challenges and opportunities from the perspective of students and instructors. Journal of Computing in Higher Education, 34(1), 21–38. https://doi.org/10.1007/s12528-021-09274-2

Masithoh Wikhdah, I., Susilogati Sumarti, S., & Wardani, S. (2015). Pengembangan Modul Larutan Peyangga Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1585–1595.

Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan Modul Trigonometri Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 15. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3375

Ramadhani, R., Mazaly, M. R., & Setiawati, T. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis EPUB3 Sigil Dalam Meningkatkan Kemampuan Techno-Pedagogical Guru Sekolah Menengah. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 1024–1039. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Tri Satyawati, S., Yari Dwikurnaningsih, Bambang Ismanto, Ade Iriani, Marinu Waruwu, & Wasitohadi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Implementasi Merdeka Belajar Melalui Seminar Online Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 353–363. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8103

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Umbaryati. Prisma, 218–221.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Wahyuni, M. D., & Hardeli. (2019). Pengembangan Modul Berorientasi Chemistry Triangle Pada Materi Sistem Koloid Untuk Pembelajaran Kimia Kelas Xi Tingkat Sma / Ma. Ranah Research, 162–171.

Zuchron, D. (2021). Tunas Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1920-1933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.