PELATIHAN MICROTEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR MENGAJAR GURU PAUD

Dadang Sahroni, Aeni Latifah, Nur Asyifa, Ulfah Nasihah

Abstract


Pembelajaran pada satuan lembaga pendidikan anak usia dini  di Desa Mekar Jaya Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi dilakukan oleh guru apa adanya dan tidak sesuai dengan teori dan konsep mengajar dan pembelajaran yang sebenarnya. Akibat dari pembelajaran tersebut, peserta didik kurang bahkan tidak optimal memperoleh pengalaman belajar sebagaimana yang diharapkan, karena tujuan pembelajaran tersebut tidak terkonsep dan dilaksanakan secara baik dan benar. Untuk memperbaiki masalah tersebut dilakukan melalui kegiatan pelatihan microteaching yang merupakan salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Madani Nusantara Sukabumi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar mengajar guru PAUD Desa Mekar Jaya Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan tersebut yaitu Metode Demontrasi, Metode Resitasi (Penugasan), dan Metode Drill (Latihan). Dari hasil pelatihan yang dilaksanakan selama empat kali pertemuan guru PAUD Desa Mekar Jaya Kecamatan Caringin Sukabumi mengalami perubahan dan peningkatan dalam melakukan teknik dasar mengajar yaitu pada keterampila dasar membuka dan menutup pelajaran. Keberhasilan pelatihan teknik dasar mengajar pada keterampilan membuka dan menutup pelajaran tersebut dilkukan melalui microteacing dengan ketat dan konsisten melaksanakan prosedur sebagaimana yang telah ditetapkan. Sealin itu juga kebarhasilan pelatihan tersebut ditentukan pula oleh minat dan motivasi baik dari peserta latihan, mahassiswa sebagai fasilitator, dan dosen sebagai trainer.


Keywords


Microroteacing dan Keterampilan Dasar Mengajar

Full Text:

PDF

References


Asmani Ma’mur Jamal. (2010). Pengenalan dan Pelaksanaan Lengkap Microteaching & Team Teaching (Ke 1; Rusdianto, ed.). Jogjakarta: Diva Press.

Asril Zainal. (2010). Microteaching (Ke 2). Jakarta: PT RajaGrapindo Persada.

Barnawi dan Arifin M. (2016). Micro Taeching, Teori & Praktik Pengajaran Yang Efektif & Kreatif (Ke 2). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Elpirida Karina Sri, Sujana Wayan, T. A. L. (2018). Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Perilaku Disiplin Pada Anak Usia Dini Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15047




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3451-3465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.