PKM MENGENALKAN DAN MELATIH PENDEKATAN, STRATEGI, TEKNIK, DAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT

Sudiansyah Sudiansyah, Heriyanto Heriyanto, Rinda Kusmayanti, Lely Shinta Herawati, Mohamad Rif’at

Abstract


Salah satu program dari Prodi Pendidikan Matematika Kampus Merdeka FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak adalah Peningkatan Pengajaran (PKM). Dalam program kegiatan ini mahasiswa Magister  sebagai pelaksana kegiatan mengenalkan, melatih, serta membimbing mahasiswa prodi S1 pendidikan matematika untuk memahami serta dapat mengintegrasikan pendekatan, strategi, tehnik dan model pembelajaran Matematika inovatif yang meliputi 1) Matematika Realistik, 2) problem Base learning, 3) problem vosing, 4) problem solving, 5) Reciprocal Teaching, 6) Eliciting Activities, 7) Think Talk Write, 8) Inkuiri, 9) Demonstrasi, 10) Probing Prompting, 11) REACT, 12) pembelajaran AIR, 13) Generatif, 14) Konstektual, 15) Discovery Learning, 16) Metaphorical Thinking, 17) Sintifik, 18) induktif dan deduktif, 19) PQ4R, dan 20) Open Ended. Melalui studi literatur serta pemanfaatan tehnologi informasi.  Subjek dalam kegiatan PKM mahasiswa semester V pada mata kuliah matematika Diskrit Sub Pokok Bahasan Isomorfisme dan Sub graph. Metode pelaksanaan Kegiatan PKM terdiri dari empat tahap: 1) Observasi 2) Pelaksanaan, 3) Evaluasi, dan 4) Pendampingan. Setelah melakukan pengenalan melalui studi literatur mahasiswa pelaksana PKM dan subjek memilih pendekatan  berbasis masalah yang di gunakan dalam skenario perkuliahan pada pertemuan berikutnya. Hasil tanggapan siswa program PKM mengungkapkan persentase evaluasi kelayakan sebesar 81,29%, yang berarti bahwa penciptaan pelatihan, interpretasi, produksi, aplikasi, evaluasi dan implementasi jenis kegiatan pengembangan keterampilan mengajar dimungkinkan. diterima dengan baik oleh siswa.


Keywords


Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran Inovatif

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2019). Pengaruh pembelajaran problem solving model polya terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/2202/2548

Aviana, O. N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linear Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/7594/1/SKRIPSI.pdf

Buyung, B., & Alexon, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 100-106. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/2064

Charoline, C., Lestari, D., Rahadian, C. M. J., & Mahulette, A. R. (2020). Nilai pengetahuan pedagogik bagi calon guru. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 3). https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/23/26

Ekawati, S., Karmila, K., & HM, A. H. K. (2019). Komparasi Hasil Belajar Mahasiswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dan Number Heads Together Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 83-95. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/1432

Gordah, E. K., & Fadillah, S. (2014). Pengaruh penggunaan bahan ajar kalkulus diferensial berbasis pendekatan open ended terhadap kemampuan representasi matematis mahasiswa. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(3), 340-352. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/148

Hidayah, A.A. (2013). Penggunaan Metode Problem Posing Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal pendidikan, 1(1) https://tinyurl.com/2cv2kchm

Hidayat, R. (2010). Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dalam Upaya Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Bidang Bisnis (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/8017/

Indriani, A. (2017). Desain Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Statistik Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 98-106. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/1504/1282

Istikomah, D.A., & Jana, P. (2018, February). Kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik dalam perkuliahan aljabar matrik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2438

Jayanti, J., & Rahmawati, R. (2018). Model Pembelajaran Generatif (Mpg) Berbantuan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/45

Khoerunnisa, P. & Aqwal, S.M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/441

Kurniasih, M. D. (2017). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Calon Guru. Euclid, 4(2). http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Euclid/article/view/417

Lestari, I., & And

inny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1-12. https://pdfs.semanticscholar.org/e732/8ad4f5c3a0f2525eb285a0a669be3df354f9.pdf

Lestari, K. E. (2015). Analisis kemampuan pembuktian matematis mahasiswa menggunakan pendekatan induktif-deduktif pada mata kuliah analisis real. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 128-135. http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/20/10

Marbun, Y. (2016). Perbedaan Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa Dengan Menggunakan Metode Team Game Out Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Kuliah Analisis Riil 1. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3958

Octavianingrum, D. (2020). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 115-124. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/6401/3165

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Kemampuan Penalaran Adaptif Melalui Model Reciprocal Teaching pada Logika Matematika dan Himpunan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/7276

Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57-64. http://jelmar.wisnuwardhana.ac.id/index.php/jelmar/article/view/17/7

Sugiarni, R., & Ifanda, A. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Mahasiswa pada Perkuliahan Sejarah dan Filsafat Matematika melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Prisma, 9(1), 57-64. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/387

Wahidin, D. (2017). Program kreativitas mahasiswa (PKM), upaya membangun sdm indonesia kreatif dan inovatif. Repository UNINUS, 8(1). http://ojs.uninus.ac.id/index.php/repository/article/view/866

Wijayanti, S., Triyono, T., & Syaifuddin, M. W. (2021). Penggunaan Model-Eliciting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Pada Pembelajaran Geometri Transformasi. JURNAL e-DuMath, 7(1), 1-5. https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/1330

Wulandari, Y. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Probing Prompting Untuk Materi Relasi Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Prodi Pendidikan Matematika (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). http://eprints.umpo.ac.id/2685/

Wulantina, E. (2022). Pengembangan E-Modul Aljabar Linear Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 316-325. http://www.jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/6103




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3451-3460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.