PENGEMBANGAN KONTEN OFFICIAL WEBSITE SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PENYEBARAN INFORMASI DI MTS PERSIS CIGANITRI KABUPATEN BANDUNG

Pikir Wisnu Wijayanto, Mutia Qana’a, Yelly Andriani Barlian, Sri Nurbani, Djoko Murdowo, Mohammad Isa Pramana Koesoemadinata

Abstract


Penggunaan serta pemanfaatan media website oleh MTs Persis Ciganitri Kab. Bandung belum efektif, karena masih sedikit sekali konten informasi yang ada. Selain itu, kondisi saat ini untuk alamat website yang dimilikinya juga belum dapat diakses. Hal ini dikarenakan kendala seperti keterbatasan kemampuan sumber daya manusia (SDM) maupun berbagai perangkat pendukung yang masih belum dimiliki. Selain itu juga masih banyak pegawai maupun guru yang belum mampu mengelola website sehingga informasi yang dapat dimuat di dalam website masih sangat terbatas, serta kurangnya kerjasama antara pihak pengelola website dengan madrasah. Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakar (PkM) Kolaborasi Internal Universitas Telkom adalah memberikan pendampingan terkait dalam hal pembuatan (perancangan) serta pengembangan konten di website resmi (official). Hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas penyebaran informasi kegiatan di MTs Persis Ciganitri Kab. Bandung. Adapun metode dan tahapan pelaksanaan kegiatan PkM) ini terdiri dari studi pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi. Tim pelaksana PkM membuatkan website resmi (official website) dengan alamat mtspersisciganitri.sch.id. Kemudian tim pelaksana PkM juga mengembangkan menu tampilan yang dimunculkan di web, seperti profil madrasah, kontak madrasah, blog yang berisi informasi serta pengumuman berita lainnya serta galeri atau dokumentasi kegiatan madrasah. Selain itu tim pelaksana juga memberikan pelatihan (workshop) perancangan atau pembuatan website resmi bagi para operator atau admin serta bagi para guru dan karyawan terkait pengembangan konten. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka dalam penyebaran informasi madrasah. Hal tersebut juga sangat sejalan dengan keinginan serta kebutuhan dari pihak madrasah untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet dalam mendukung semua kegiatan di lingkungan madrasah

Keywords


perancangan website; pengembangan konten; pelatihan (workshop)

Full Text:

PDF

References


Hadi, A. P. and Rokhman, F. A. (2020). Implementasi Website Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada Pondok Pesantren Putra-Putri Addainuriyah 2 Semarang, Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(1), 39–49.

Mukarromah, O. (2016). Peran Teknologi Pendidikan Islam Pada Era Global. AN-NIDHOM (Jurnal Manaj. Pendidik. Islam, 1(2), 91–105.

Novitasari, D. (2017). Perbandingan Algoritma Stemming Porter dengan Arifin Setiono untuk Menentukan Tingkat Ketepatan Kata Dasar. STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol, 1(2), 120-129.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Seketariat Negara

Republik Indonesia. (2007). Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara.

Rochman, A., Hanafri, M. I., dan Wandira, A. (2020). Implementasi Website Profil SMK Kartini Sebagai Media Promosi dan Informasi Berbasis Open Source,” AJCSR (Academic J. Comput. Sci. Res., 2(1), 46–51.

Wijaya, S. D. (2016). Studi Korelasi Pemanfaatan Internet Pada Bagian Humas Pemda Singkil Terhadap Peningkatan Kinerja Kehumasan, Jurnal Simbolika, 2(1).

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi, J. Al-Bayan, 24(1), 29–46.

Yulianti, A. Saifudin, W. Haryono, A. F. Zulfikar, and T. Desyani. (2020). Pengembangan dan Sosialisasi Website untuk Meningkatkan Penyebaran Informasi SMP Islam Madinatul I’lmi Ciputat - Tangerang Selatan. KOMMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy. Univ. Pamulang, 1(1), 16–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.233-242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.