PENINGKATAN KAPASITAS DAN KUALITAS PENGOLAHAN PRODUK IKAN ASIN BERBASIS PENGENDALIAN MUTU DI UMKM DESA LANGKAK, KECAMATAN KUALA PESISIR, KABUPATEN NAGAN RAYA

Akbardiansyah Akbardiansyah, Afdhal Fuadi, Sri Ayu Insani, Ikhsanul Khairi

Abstract


Kecamatan Kuala Pesisir merupakan wilayah barat selatan Provinsi Aceh yang mempunyai keragaman hayati (bio-diversity) potensi ikan hasil tangkapan sangat tinggi (KKP Aceh 2015). Ikan-ikan demersal yang telah mulai di lakukan pengolahan ikan asin antara lain ikan kembung, ikan kambing-kambing, ikan kakap. Selain itu pada penelitian Riski et al. (2017) melaporkan bahwa pada sentral pengolahan ikan asin daerah Leupung Aceh Besar sebanyak 50% sampel yang diuji melebihi ambang batas SNI 8273:2016. Maka dari itu perlu dilakukan pengabdian kepada masyarakat terutama pada pelaku UMKM pengoalahan ikan asin guna untuk memberi pelatihan sehingga harapannya dengan adanya pengabdian ini bisa menambah pengetahuan lebih baik dalam proses pengolahan ikan. Pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahap yakni, melakukan sosialisasi Sosialisasi dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD), Pelatihan Pembuatan Para-para, Pelatihan Penggaraman Ikan Asin Lumi-lumi dan Pelatihan Penggaraman Ikan Asin Lumi-lumi. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa, adanya peningkatan ketrampilan pelaku UMKM Ikan Asin terkait dengan teknik pembuatan para-para sebagai media penjemuran ikan asin. Adanya peningkatan pengetahuan teknik penggaraman dan pembuatan ikan asin lumi-lumi. Adanya antusias pelaku UMKM dan masyarakat Desa Langkak untuk melanjukan pembuatan ikan asin lumi-lumi.


Keywords


lumi-lumi, para-para, ikan asin, pesisir

Full Text:

PDF

References


Akbardiansyah, Desniar, Uju. 2018. Karakteristik Ikan Asin Kambing- Kambing (Canthidermis maculata) dengan Penggaraman Kering. JPHPI. 21(2):345-355.

BPS Nagan Raya. 2020. Kabupaten Naganraya dalam Angka 2020. BPS Naganraya.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 2016. SNI 8273:2016.Ikan asin kering. Jakarta (ID): Badan Standarisasi Nasional

Iwansyah, A. Candra. 2012. Teknologi pengolahan Ikan Asin kering.

[KKP] Kementrian Kelautan dan Perikanan. 2015. Statistik Perikanan Tangkap Indonesia. Jakarta (ID): Pusat Data Statistika dan Informasi Kementrian Kelautan dan Perikanan Tahun 2015.

Riski K, Fakhrurrazi, Abrar M. 2017. Isolasi bakteri Staphylococcus aureus pada ikan asin talang-talang (Scomberoides commersonnianus) di kecamatan leupung kabupaten aceh besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner. 01(3):366-374.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.429-433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.