APLIKASI EDRAW MIND MAP BAGI GURU SD NEGERI 050702 KECAMATAN SECANGGANG KABUPATEN LANGKAT

Mardiah Mardiah, Hendra Hendra, Nina Hastina

Abstract


Tujuan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Edraw Mind Map  ini diharapkan guru memeliki peningkatan kemampuan profesional dan pedagogiknya dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah, khususnya pembelajaran menulis materi pembelajaran oleh siswanya. Menggunakan salah satu media pembelajaran yaitu mind mapppping merupakan salah satu usaha yang dilkaukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan serta motivasi siswa dalam menulis materi pembelajaran. Aplikasi Edraw Mind Map merupkan salah satu aplikasi yang paling sederhana dan mudah digunakan guru yang harus mampu mengikuti perkembangan teknologi sekarang. Dengan pemanfaatan aplikasi ini guru dapat membuat sebuah ringkasan catatan pembelajaran menjadi sebuah mind mappping dan dapat menerapkannya ke siswa sehingga siswa mempunyai cara baru yang lebih menyenangkan dalam hal menulis atau mencatat menggunakan mind mapping yang menggunakan garis,garis cabang, kata kunci, warna dan gambar. Pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan mulai bulai Mei hingga September 2019 dengan jumlah kunjungan pelaksanaan 19 Kunjungan. Hasil pelaksanaan pengabdian ini guru-guru lebih mudah menguasai pembuatan mind mapping secara manual menggunakan kertas dan alat tulis mewarnai dari pada menggunakan sebuah aplikasi. Namun, guru juga dapat menggunakan aplikasi  Edraw Mind Map. Kemampuan guru dalam membuat mind mapping di papan tulis dan aplikasi dapat diterapkan guru ke sisiwa sehingga siswa juga telah mampu mengkonversikan sebuah tulisan yang sangat banyak menjadi lebih singkat dan menyenangkan dalam mind mapping.

 


Full Text:

PDF

References


Sholeh dan Afriani. 2017. Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA. Vol 2 No 2.

Hastina, N. (2016, December 29). Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping. https://doi.org/10.31227/osf.io/snjwa

Nurasiah dan Munajat. 2018. Pengembangan Pembelajaran Literasi Melalui Mind Mapping Berbasis Konstruktif Islami Untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis Mahasiswa PGSD. Universitas Muhammadiyah Suka Bumi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v2i2.71-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.