PELATIHAN MANAJEMEN WIRAUSAHA DAN HARGA POKOK PRODUKSI PRODUK OLAHAN PANGAN PADA KOPERASI PEREMPUAN PELESTARI HUTAN DI REJANG LEBONG

Ulfah Anis, Fitri Yuwita S.

Abstract


Pelatihan kewirausahaan dalam masyarakat sangat diperlukan, terutama usaha kecil. Masalah-masalah yang sering muncul terutama pada pengusaha kecil yaitu masih lemahnya mental berwirausaha, tidak konsisten, kurang percaya diri, kurang update tentang teknologi, dan tidak memperhatikan mutu bahan yang digunakan, serta perhitungan biaya yang masih kurang tepat. Oleh karena itu, pelatihan diperlukan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan mental berwirausaha serta perhitungan biaya produksi yang tepat. Metode kegiatan pengabdian ini yaitu ceramah serta praktek menghitung harga pokok produksi secara langsung. Kegiatan pengabdian diawali dengan ceramah mengenai mental dan kepribadian yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Tim kemudian melanjutkan dengan penyampaian materi tentang perhitungan harga pokok produksi. Khalayak sasaran diminta menghitung seluruh biaya yang dikeluarkan selama proses produksi. Tim pengabdian menemukan bahwa dari perhitungan harga pokok produksi pada semua kelompok belum ada yang mendapatkan keuntungan. 60% kelompok mengalami impas, dan 40% kelompok mengalami kerugian. Tim pengabdian menyarankan kepada khalayak sasaran bahwa kedepannya dapat menghitung seluruh biaya yang diekluarkan selama produksi serta meningkatkan harga jual produknya.

 

 


Keywords


Kata Kunci: KPPH, manajemen, pelatihan, wirausaha

Full Text:

PDF

References


Ariani, D., dan Dwiyanto, B.M. 2013. Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatera Barat). Diponegoro Journal of Management 2(3):1-10.

Febrianty, L., & Muchlis, S. (2020). Analisis Perbandingan Metode Full Costing dan Variabel Costing Dalam Penetapan Harga Pokok Produksi (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Je’neberang Kabupaten Gowa). ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 1(1), 71-83.

Kasali, R., Nasution, A. H., Purnomo, B.R., Ciptarahayu, A., Larso, D., Mirzanti, I.R., Rustiadi, S., Daryanto, H.K., dan Mulyana, A. (2010). Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Hikmah. Jakarta.

Susita, D., Mardiyati, U., & Aminah, H. (2017). Pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha kecil dan binaan koperasi di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Cipinang Besar Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 58-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.288-292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.