INDOOR DAN OUTDOOR TRAINING BAGI PEMANDU WISATA DI PANTAI BIRA KABUPATEN BULUKUMBA

Hijrah Hijrah, Saiful Saiful, Muhammad Astrianto Setiadi, Rina Asrini Bakri

Abstract


Berdasarkan data statistik Provinsi Sulawesi Selatan (BPS Sul-Sel 2019) menyatakan bahwa data yang dikumpulkan untuk menginventarisir jumlah wisatawan mancanegara yang masuk dan melewati bandar udara Sultan Hasanuddin Makassar tercatat sebanyak 1.478 pada periode januari–juli 2019. Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulawesi Selatan sangat tinggi peminat. Potensi objek wisata yang berada di Sulawesi Selatan sangat menjanjikan income daerah dan pemberdayaan penyerapan tenaga kerja untuk penduduk lokal. Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki potensi kunjungan daerah wisata terbesar di Sulawesi Selatan. Dengan adanya objek wisata pantai Bira yang berpasir putih memiliki daya Tarik tersendiri untuk wisatawan mancanegara. Peran sumber daya manusia sangat penting terhadap pengembangan sektor pariwisata untuk mengstimulus masuknya lebih banyak wisatawan mancanegara dan investor. Pantai Bira sebagai objek wisata Pantai terpopuler di Sulawesi Selatan menjadi opsi nomor satu kunjungan oleh wisatawan mancanegara sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk para pramuwisata muda di daerah tersebut untuk memperbaiki sektor pelayanan publik dengan menguasai Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dengan wisatawan mancanegara. Dengan rendahnya kemampuan penguasaan Bahasa Inggris oleh para Pramuwisata muda yang hanya dominan memandu pengunjung domestik maka perlu perbaikan dan pengembangan diri pada kemampuan Bahasa Inggris karena tamu mancanegara akan membutuhkan tenaga pemandu wisata muda utamanya saat melakukan snorkeling, diving, ke pulau-pulau di sekitar pantai bira. Luaran kegiatan PKM ini adalah terbangunya rasa percaya diri para paramuwisata muda dan keterampilan berbahasa Inggris menjadi lebih baik sehingga termotivasi untuk rajin berlatih menggunakan buku saku khusus pramuwisata muda dengan metode pattern practice dan pair practice conversation keduanya di pelatihan indoor dn outdoor.


Keywords


Pemandu Wisata; Pelatihan Bahasa Inggris; Starategi Pemasaran Inovatif

Full Text:

PDF

References


BPS (2019). Didominasi Turis Asia, Kunjungan Wisata ke Sulsel Naik 5,72 persen. Badan Pusat Statisyik Provinsi Sulawesi selatan https://www.suara.com/lifestyle/2019/09/05/073512/didominasi-turis-asiakunjunganwisata-ke-sulsel-naik-572-persen.

Kirkpatrick A. 2012. English as an International Language in Asia: Implication for Language Education. London. Springer.

Saiful. 2021. Pelatihan Bahasa Inggris Bagi pedayung Perahu Jolloro di Objek Wisata Rammang Rammang maros. Martabe Jurnal. Vol 4. No 2.

Irrubai, L. M. 2016. Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. Social Science Education Journal. Vol 3. No 1. 17-26.

Saiful. 2014. The Application of Communicative Approach in Improving the Students’ Speaking Ability. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol 2. No 3. 333-346.

Widya, Sasongko. 2016. Strategi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM untuk Menghadapi ASEAN Economic Community 2016. Kebijakan dan Manajemen Publik. Vol 4. No 3. 1–10.

Khairani, S., & Pratiwi, R. 2018. Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1. No 1. 36– 43. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.