MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA TUKANG BANGUNAN DALAM PEMASANGAN BATU BATA

Mbayak Ginting, Pioner Pelawi

Abstract


Tukang bangunan merupakan salah satu kelompok masyarakat yang menekuni pekerjaan dalam membangun bangunan seperti rumah tinggal. Banyak diantara mereka yang belum memahami arti produktivitas sehingga tidak ada upaya memperbaiki metode kerja maupun berinovasi dengan mengembangkan peralatan kerja. Pengabdian ini berupaya memberikan pemahaman bagi mereka seperti produktivitas, metode kerja dan inovasi peralatan kerja. Selain itu, dijelaskan arti kepuasan bagi pengguna jasa dalam upaya mempertahankan kontinuitas profesi mereka. Salah satu yang diwujudnyatakan yang secara langsung dapat bermanfaat adalah pengembangan peralatan kerja. Peralatan ini berguna dalam mempermudah dan mempercepat pemasangan batu bata yang dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan dari pengguna jasa mereka.  Hal ini terlihat dari hasil kuesioner menunjukkan bahwa rata-rata jawaban setuju atas kebermanfaatan alat yang dibangun. Selanjutnya, masih dibutuhkan pengabdian dalam dalam berbagai hal dalam membantu meningkatkan kesejahteraan para tukang bangunan.

Keywords


produktivitas, tukang bangunan, metode kerja, inovasi

Full Text:

PDF

References


Erliana, C. I., Huda, L. N., & Matondang, A. R. (2015). Perbaikan Metode Kerja Pengantongan Semen Menggunakan Peta Tangan Kiri dan Kanan. Spektrum Industri, 115-228.

Heizer, J., & Render, B. (2017). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mardiasmo. (2016). Efisiensi dan Efektifitas. Jakarta: Andy.

Pamuji, H. (2019). Usulan Desain Jig dan Jumlah Operator untuk Meningkatkan Produktivitas Proses Pengecatan Battery Cover Smartphone Polytron pada Mesin PU Base Coat Unit Painting – Studi Kasus PT. Hartono Istana Teknologi Kudus. E-journal Undip, 1-11




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3740-3745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.