PENINGKATAN PENGETAHUAN KREATIFITAS DAN KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN
Abstract
Pelatihan peningkatan kreatifitas dan karaktristik kewiraushaan kepada siswa SMK Negeri 2 Blangkejeren di laksanakan agar siswa mampu menciptakan ide-ide kreatif, mampu berwirausahan serta mempunyai usaha secara mandiri dan mampu bersaaing demi mencapai kesejahteraan ekonomi. Metode yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah metode workshop yaitu Pada sesi pertama materi mengenai karakteristik kewirausahaan, materi memilih peluang usaha Selanjutnya pada sesi ketiga para peserta mempraktikan penggunaan digital marketing peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan adalah 73% jenis kelamin laki-laki dan 27% perempuan. sebagian besar peserta tidak pernah menggunakan media digital untuk berjualan yaitu sebesar 16%. sebanyak 6% siswa yang pernah mengikuti pelatihan kewirausahan baik secara formal maupun informal. Adapun siswa yang memahami materi yang disampaikan mencapai 94%. penilaian manfaat yang diberikan dalam bentuk pelatihan yaitu 94%. peserta berkeinginan untuk berwirausaha 94% dan 91% peserta sangat antusias dalam mengikutii pelatihan kewirausahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Rusdiana. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktek. Cetakan ke 1. CV. Pustaka Setia:Bandung
Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan Ed Revisi. Bandung: Alfabeta.
Basrowi. 2011. Kewirausahaan untuk perguruan tinggi. Bogor :Ghalia Indonesia
Bayanie, Mareta. 2012. “Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Konsep Diri Dengan Sikap Kreatif.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7(1): 155–72
Campbell, David. 2017. Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Daryanto & Aris Dwi Cahyono. 2013. Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media
Davis, dkk. 2011. Education of The Gifted And Talented (Edisi Revisi).United States of America: Pearson Education, Inc
Frederick, H. H., Kuratko, D.F.., & Hodgestts, R.M. (2006). Entrepreneurship: Theory, process and practice. Asia-Pacific Edition, Cengage Learning
Frinces, Heflin, 2004. Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis. Cetakan Pertama, Penerbit: Darusalam, Yogyakarta.
Guilford, J. P. (1950). Creativity. USA. American Psychologist.
Hamdani, A. 2002. Pengembangan Kreativitas, Jakarta : Pustaka As-Syifa
Hamdani, M, Entrepreneurship: Kiat Melihat & Memberdayakan Potensi Bisnis, Jogjakarta : Starbooks, 2010.
Harriman. 2017. “Berfikir Kreatif.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Hartanti. (2008). Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMK 4 Yogyakarta. Tesis Magister Universitas Negeri Yogyakarta
Hasanah, M. & Surya E. 2017. Differences in the Abilities of Creative Thinking and Problem Solving of Students in Mathematics by Using Cooperative Learning and Learning of Problem Solving. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), Vol. 34 (1): 286-299.
Hassoubah, Zaleha Izhab. 2002. Develoving Creative and Critical Thingking Skills, Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Diterjemahkan Oleh Bambang Suryadi. 2004. Bandung: Nuansa.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2016). Entrepreneurship Tenth Edition.
Kuratko, & Hornsby D.F. (2004). Sustaining Corporate Entrepreneurship: A Proposed Model of Perceived Implementation/Outcome Comparison at the Organizational and Individual Level. International Journal of Entrepreneurship and Innovation, 5(2): 77-89.
Lambing, P. , Charles R. , Kuehl. 2000. Enterpreneurship. Second Edition. Prentice Hall, Inc. New Jersey
Looi, K. M., & Lattimore, C. K. (2015). Undergraduate students’ entrepreneurial intention: born or made. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 26(1), 1-20. Retrieved from https://www.researchgate.- net/publication/280722549
Munandar,Utami.(2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta:Rineka cipta.
Ncanywa, T. (2019). Entrepreneurship and development agenda: a case of higher education in South Africa. Journal of Entrepreneurship Education, 22(1), 1- 11. Retrieved from https://www.abacademies.org/articles/Entrepreneurshipand-development-agenda-1528-2651-22-1-273.
Sanders, S. (2016). Critical and Creative Thinkers in Mathematics Classrooms. Journal of Student Engagement: Education Matters, 6(1), 19-27.
Suryana, (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Ketiga, Penerbit Salemba, Jakarta
Suryana, Y., & Bayu, K. (2011). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
Suryana, Yuyus & Bayu, Kartib (2011). Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2011. Kewirausahaan Pendekatan Karakteristrik Wirausaha Sukses. Jakarta: Kencana.
Syafaruddin & Herdianto, (2011). Pendidikan Pra Skolah, Medan: Perdana Publishing.
Tarmuji, Tarsis, 2006. Prinsip-prinsip Wirausaha. Yogyakarta: Liberty
Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba empat, 2008.
Wijaya, T., Nurhadi, & Kuncoro, A.M. (2015). Intensi Berwirausaha Mahasiswa: Perspektif Pengambilan Risiko. Jurnal Siasat Bisnis Vol.19 No.2 (109-123). https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art2.
Winarno. 2011. Pengembangan Sikap Entrepreneurship dan Intrapreneurship. Jakarta: PT Indeks
Zimmerer, Thomas W Dkk. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3751-3759
Refbacks
- There are currently no refbacks.