PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL PADA KM ALUMINIUM SOROSUTAN YOGYAKARTA
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran. penggunaan internet telah banyak membantu semua aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam bisnis. Media sosial menjadi wadah distribusi informasi dalam kehidupan sehari-hari. UMKM merupakan usaha milik perseorangan yang harus mampu bertahan dengan adanya perkembangan teknologi. Penerapan digital marketing pada UMKM belum dilakukan secara merata. Masalah ini terjadi karena kurangnya pemahaman para pelaku UMKM dalam menerapkan digital marketing. KM Aluminium adalah salah satu UMKM yang mengalami permasalahan tersebut. KM Aluminium merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang percetakan aluminium yang masih melakukan pemasaran dengan metode konvensional. KM Aluminium belum merambah pemasaran secara digital karena minimnya pengetahuan mengenai digital marketing. Permasalahan yang ada dapat diatasi dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat kepada KM Aluminium dalam bentuk pendampingan Digital Marketing. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu ceramah, tutorial dan diskusi. Pendampingan berlangsung pada tanggal 18 juni 2022, 3 juli 2022, dan 15 juli 2022. Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan hasil berupa pemahaman mitra dampingan yang meningkat setelah memahami materi yang disampaikan dan dapat melakukan simulasi penggunaan media sosial guna menerapkan digitalisasi marketing. Hasil dari pendampingan yang dilakukan juga dapat dilihat saat evaluasi berlangsung, Ketika mitra dampingan mulai sedikit demi sedikit menggunakan fitur yang ada dalam aplikasi sosial media untuk melakukan pemasaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54. http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17
Aptika.kominfo.go.id (https://aptika.kominfo.go.id/publikasi/dinamika-data/)
Awang Surya, & Wilarso, W. (2022). Pendampingan Dasar-Dasar Strategi Pemasaran dalam Era Digital untuk UMKM Kecamatan Cileungsi. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3524
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Wibowo, A., Pradiptha, A. P., Mulyati, M., & Utari, D. R. (2020). Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Masa New Normal. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 357–365. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.5872
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3707-3714
Refbacks
- There are currently no refbacks.