PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL PADA KM ALUMINIUM SOROSUTAN YOGYAKARTA

Dwi Annisa Rismawati, Arif Sapta Yuniarto

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran.  penggunaan internet telah banyak membantu semua aspek kehidupan, tidak  terkecuali dalam bisnis. Media sosial menjadi wadah distribusi informasi dalam  kehidupan sehari-hari. UMKM merupakan usaha milik perseorangan yang harus  mampu bertahan dengan adanya perkembangan teknologi. Penerapan digital marketing pada UMKM belum dilakukan secara merata. Masalah ini terjadi karena kurangnya  pemahaman para pelaku UMKM dalam menerapkan digital marketing. KM Aluminium  adalah salah satu UMKM yang mengalami permasalahan tersebut. KM Aluminium  merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang percetakan aluminium yang  masih melakukan pemasaran dengan metode konvensional. KM Aluminium belum merambah pemasaran secara digital karena minimnya pengetahuan mengenai digital  marketing. Permasalahan yang ada dapat diatasi dengan melakukan pengabdian  kepada masyarakat kepada KM Aluminium dalam bentuk pendampingan Digital Marketing. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu ceramah, tutorial  dan diskusi. Pendampingan berlangsung pada tanggal 18 juni 2022, 3 juli 2022, dan  15 juli 2022. Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan hasil berupa pemahaman  mitra dampingan yang meningkat setelah memahami materi yang disampaikan dan  dapat melakukan simulasi penggunaan media sosial guna menerapkan digitalisasi  marketing. Hasil dari pendampingan yang dilakukan juga dapat dilihat saat evaluasi  berlangsung, Ketika mitra dampingan mulai sedikit demi sedikit menggunakan fitur yang ada  dalam aplikasi sosial media untuk melakukan pemasaran. 

 

 


Keywords


digital marketing, media sosial, KM Aluminium

Full Text:

PDF

References


Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54. http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17

Aptika.kominfo.go.id (https://aptika.kominfo.go.id/publikasi/dinamika-data/)

Awang Surya, & Wilarso, W. (2022). Pendampingan Dasar-Dasar Strategi Pemasaran dalam Era Digital untuk UMKM Kecamatan Cileungsi. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3524

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Wibowo, A., Pradiptha, A. P., Mulyati, M., & Utari, D. R. (2020). Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Masa New Normal. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 357–365. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.5872




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3707-3714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.