PELATIHAN SENI MACRAME UNTUK SISWA SMP DALAM MEMBANGUN KESEHATAN MENTAL PASCA PANDEMI DI DESA MANGKI KABUPATEN PINRANG

Nur Ulmy Mahmud, Suchi Avnalurini Sharief

Abstract


Masalah kesehatan di masa pandemi selain menggangu kesehatan dari segi jasmani namun juga pada namu juga dapat mengganggu kesehatan jiwa hingga psikologis dan sosial seseorang. Gangguan mental yang memengaruhi pikiran, perasaan, suasana hati, atau perilaku seseorang berdampak pada perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal. Terutama bagi generasi muda atau usia sekolah walaupun usia tersebut bukan kategori umur yang rentan akan COVID-19, namun usia sekolah ini sangat rentan terhadap gangguan jiwa dan psikososial. SMP Negeri 3 Cempa merupakan sekolah yang berada di Desa Mangki Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang yang merupakan desa binaan Universitas Muslim Indonesia. tujuan pengabdian ini agar siswa SMP di Desa Mangki mengalami penurunan tingkat stress dengan memperkenalkan dan melatih pembuatan seni macrame. hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan peningkatan pengetahuan mengenai Kesehatan mental sebanyak 51,52%. Begitupula dengan keterampilan baru yang diperoleh siswa melalui pelatihan pembuatan seni macrame yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya dengan cara memberikan variasi model seni macramé yang baru.


Keywords


Kesehatan mental, tingkat stress, seni macrame

Full Text:

PDF

References


WHO. Coronavirus disease 2019 (COVID-19 ). 2020;2019(April).

Gani Apriningtyas Budiyati EO. Stres dan Resiliensi Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Husada Mahakam. 2020;10(2):11–8.

Talevi D, Socci V, Carai M, Carnaghi G, Faleri S, Trebbi E, et al. Mental health outcomes of the CoViD-19 pandemic Gli esiti di salute mentale della pandemia di CoViD-19. Riv Psichiatr. 2020;55(May 2022):137–44.

RISKESDAS. Hasil utama Riskesdas Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018;

Nur Ulmy Mahmud S. Stres Dan Resiliensi Pada Siswa/I Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Pinrang. 2021;

Hurlock EB. Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentan kehidupan. kelima. Jakarta: Erlangga; 1990.

Gunarsa. Psikologi praktis : anak remaja dan keluarga. Mulia G, editor. Jakarta; 1995.

Huang Y, Su X, Si M, Xiao W, Wang H, Wang W, et al. The impacts of coping style and perceived social support on the mental health of undergraduate students during the early phases of the COVID-19 pandemic in China: a multicenter survey. BMC Psychiatry. 2021;21(1):1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3595-3600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.