SOSIALISASI APLIKASI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KABUPATEN KARAWANG

Firdaus Yuni Dharta, Chaerudin Chaerudin, Danny Ramdani

Abstract


Pemikiran terbuka dan kreasi inovasi menjadi kunci utama dalam perkembangan UMKM. Inovasinya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produknya. Namun, media sosial sebagai sarana pemasaran digital belum disadari dan dipahami sepenuhnya oleh pelaku UMKM. Oleh Sebab itu, sosialisasi tentang penggunaan media sosial untuk digital marketing harus dilakukan. Studi ini diharapkan dapat memberikan informasi seberapa jauh persepsi Publik untuk menjual beli berbasis digital. Hasil kajian yang diharapkan dapat memberikan pemikiran donasi kepada pihak-pihak terkait sehingga lebih mengembangkan bisnis lagi, sehingga pengetahuan tentang bisnis berbasis digital sangat penting dalam momen praktis era modern dan serba bisa ini. Adapun pendekatan metode yang ditawarkanuntuk masalah lengkap dengan objek implementasi UKM kali ini adalah dengan metode pendidikan. Dengan metode singkat ini pada dasarnya menekankan pengetahuan transfer pengetahuan dengan langsung dari ahli ke Publik luas. Acara "Sosialisasi Aplikasi Digital Marketing di UMKM di Kabupaten Karawang " telah dilakukan dengan baik. Narasumbertelah melayani materi yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan tujuan agar masyarakat di sana dapat menggunakan dan memasarkan produk yang mereka miliki dengan lebih luas. Sejumlah kendala yang dialami Publik seperti produk yang membutuhkan periode waktu untuk diproduksi, maka seperti mentalitas trading juga terjawab dalam acara ini. Turunan produk adalah kunci untuk masyarakat masa depan bisniswaktu seperti telur produksi Menjadi telur lebih asin menguntungkan.

Keywords


Komunikasi, Digital Marketing, UMKM

Full Text:

PDF

References


Berybe, Gregorius A., Hanggu, Elisabet O., Welalangi, Maria B.R., & Novita. (2021). Hospitality Training Bagi Para Pengelola Homestay di Desa Liang Ndara Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Abdimas Pariwisata. (2)1, 1-7.

Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 2017. Nur, N., & Lia Wijayanti, L. (2020). Pendampingan Usaha Mikro Yang Terdampak Covid-19 Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Sasongko, D., Yuliawati, M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks (Vol. 7, Issue 1).

Buletin APJII, Edisi 79, Bulan Januari 2021. https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI79Januari20211.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3637-3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.