PENYULUHAN INTEGRITAS DAN ANTI KORUPSI DI SMP HARAPAN UTAMA BATAM
Abstract
Korupsi merupakan suatu tindakan yang merugikan negara secara masif di berbagai sektor, menghambat kesejahteraan rakyat, dan merusak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan. Salah satu penyebab utama terjadinya tindakan korupsi adalah karena sifat tamak manusia yang tidak terkendali karena kurangnya pendidikan moril akan bahaya dan sanksi dari melakukan tindakan korupsi. Maka dari itu, kelompok penulis sebagai generasi penerus bangsa dan agen perubahan memutuskan untuk ikut mengambil andil mendukung pemberantasan tindakan korupsi melalui upaya pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan yang mengedukasi dengan topik seputar korupsi, integritas, dan gerakan-gerakan anti korupsi kepada murid Sekolah Menengah Pertama Harapan Utama selaku mitra institusi pendidikan yang setuju untuk bekerja sama. Penyuluhan dihadiri oleh 216 murid dari semua tingkatan kelas. Materi yang disusun menggunakan teknik studi pustaka telah disesuaikan oleh kelompok penulis untuk konsumsi remaja dan dipresentasikan secara interaktif dengan pengadaan sesi tanya-jawab berhadiah untuk menguji pemahaman dan menambah antusiasme peserta. Pasca pelaksanaan, data kuesioner evaluasi kegiatan yang diisi oleh 98 peserta menunjukkan bahwa mayoritas (86%) menilai penyuluhan menambah wawasan mereka seputar korupsi, integritas, dan gerakan anti korupsi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hasyim, H. (2012). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Area, B. A. R. K. dan I. U. M. (2022). Pengertian Integritas Serta Contoh Sikap Integritas Dalam Diri. 2 Februari. https://barki.uma.ac.id/2022/02/02/pengertian-integritas-serta-contoh-sikap-integritas-dalam-diri/
Handra Dermawana, H. J. (n.d.). Penanaman Sifat Integritas dan Gerakan Anti Korupsi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 28–36.
Kurniasih, W. (n.d.). Apa Itu Integritas? Ini Penjelasan Lengkapnya. 2021. https://www.gramedia.com/literasi/apa-itu-integritas/
Radhiya Bustan, L. M. (n.d.). EFEKTIVITAS PENYULUHAN ANTIKORUPSI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER INTEGRITAS PADA REMAJA PELAJAR SMAN 4 GARUT, 1-18.
Sim, J. (2019). Pentingnya Integritas dan Gerakan Anti Korupsi. 25 Maret. https://www.kompasiana.com/jessica37619/5c97ab4895760e177447bce3/pentingnya-integritas-dan-gerakan-anti-korupsi
Bayu, D. (2022). Kerugian Negara akibat Korupsi Capai Rp62,93 Triliun pada 2021. Mei 24. https://dataindonesia.id/ragam/detail/kerugian-negara-akibat-korupsi-capai-rp6293-triliun-pada-2021
Montessori, M. (2012). Pendidikan antikorupsi sebagai pendidikan karakter di sekolah. Jurnal Demokrasi, 11(1), 293–301.
Aryaputra, M. I., & Yulistyowati, E. (2020). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SMA FUTUHIYAH MRANGGEN TERHADAP TINDAK PIDANA KORUPSI. KADARKUM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 55–65.
Pusat Edukasi Antikorupsi. (2022). Trisula Strategi Pemberantasan Korupsi KPK untuk Visi Indonesia Bebas dari Korupsi. 11 Mei. https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Eksplorasi/20220511-trisula-strategi-pemberantasan-korupsi-kpk-untuk-visi-indonesia-bebas-dari-korupsi
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3660-3670
Refbacks
- There are currently no refbacks.