PENINGKATAN HASIL PRODUKSI BUDIDAYA IKAN LELE DENGAN TEKNOLOGI PENGEMBANGAN PAKAN PROBIOTIK DI KELOMPOK WANITA TANI MAKMUR BERSAMA

Leffy Hermalena, Henny Puspita Sari, Herda Gusvita, Nita Yessirita, Syamsuwirman Syamsuwirman, Suci Kurnia Sari

Abstract


Usaha budidaya ikan lele di KWT Makmur Bersama baru berskala biasa  dan pakan ikan bergantung dengan pakan pabrikan, jika pemberian pakan pabrikan dilakukan secara berkelanjutan dengan harga pakan yang melambung tinggi, sehingga keuntungan pembudidaya sangat minim dan pemasaran produksi yang harus menunggu pelanggan datang untuk membeli ikan lele tersebut menjadi penyebab rendahnya pendapatan di KWT.. Untuk itu tim pengabdian berdasarkan hasil observasi dan identifikasi yang dilakukan dilapangan, maka ditetapkan tema dalam PkM ini adalah Peningkatan Hasil Produksi Budidaya Ikan Lele dengan Teknologi Pengembangan Pakan Probiotik di Kelompok Wanita Tani Makmur Bersama. Program kemitraan masyarakat ini dilakukan dengan metode observasi, indentifikasiF, perencanaan dan pelaksanaan berupa FGD dan pelatihan secara langsung dengan indikator meningkatnya pengetahuan, pehaman dan terampilnya KWT dalam mengaplikasikan inovasi yang diberikan sebesar 80%. Hasil yang diharapkan adalah berupa produk pakan ikan yang memiliki nutrisi yang tinggi.


Keywords


Ikan lele; KWT; produksi; probiotik

Full Text:

PDF

References


BPS. 2022. Kabupaten Padang Pariaman Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Kabupaten Padang Pariaman.

Doloksaribu, M., Parinduri, I. H., & Simanjuntak, R. M. 2020. The Effect Of Rajalele Probiotic On Survival Rate Of Fish Juvenile Pangasius pangasius , Oreochromis niloticus , Cyprinus carpio Pengaruh Pemberian Probiotik Rajalele Terhadap Kelulusan Hidup Benih Ikan Patin ( Pangasius Pangasius ), Ikan Nila (Oreochrom. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 6(1), 89–96.

Hendriana, A. 2010. Pembesaran Lele Kolam Terpal. Penebar Swadaya.

Manyala, J. O., Fitzsimmons, K., Ngugi, C., Obado, E., & Ani, J. 2015. Formulation and Manufacture of Practical Feeds for Western Kenya. Sustainable Feed Technology and Nutrient Input Systems, 52–61.

Tacon, A. G. J., Hasan, M. R., & Metian, M. 2011. Demand and supply of feed ingredients for farmed fish and crustaceans : Trends and prospects. In Food And Agriculture Organization Of The United Nations (Vol. 564, Issue January).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3486-3492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.